LK-3 Laporan Best Practice PPG Dalam Jabatan

 Laporan Best Practice

Laporan Best Practice ini merupakan hasil dari kegiatan PPL baik itu pada siklus satu ataupun PPL pada siklus dua. Pilihlah salah satu kegiatan pembelajaran yang dianggap paling baik atau paling sukses dan paling berhasil.

Laporan ini berbentuk essai maksimal 500 kata dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut

1. Pilihlah salah satu pembelajaran inovatif yang anda lakukan selama PPL PPG dalam jabatan yang menurut anda paling berhasil.

2. Deskripsikan pembelajaran tersebut dalam bentuk essai dengan salah satu rujukan menggunakan kerangka STAR (situasi,tantangan,aksi dan refleksi) yang sesuai dengan kondisi riil dikelas.

3. Format penulisan essai menggunakan font Time New Roman ukuran 12 dengan spasi 1



4. Struktur penulisai essai terdiri dari

- Judul

- Pendahuluan (berisi analisis situasi)

- Pembahasan (berisi tentang implikasi dari situasi yang dianalisis di pendahuluan yang meliputi tantangan, tindakan yang dilakukan dan refleksi)

- Kesimpulan (berisi rencana tindak lanjut)

- Daftar pustaka

Dalam penyusunan laporan Best Practice ini salah satu syaratnya adalah menggunakan sebanyak 500 kata. Untuk melihat jumlah kata dalam microsoft word dapat dilihat pada gambat di bawah ini.


Kalau dalam contoh format dari universitas terdiri dari beberapa kolom dan baris, namun dalam praktinya kita harus membuat dalam bentuk essai yang menggunakan kerangka STAR yang terdiri dari

I. PENDAHULUAN

Situasi (dalam laporan dihapus saja)

Deskripsikan kegiatan pembelajaran mulai dari penggunaaan Model Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Penilaian yang dilakukan serta hasil dari penilaian tersebut berupa data.

II. PEMBAHASAN

Tantangan (dalam laporan kata ini dihapus saja)

Deskripsikan tantangan yang dihadapi ketika melaksankan inovasi pembelajaran, inovasi penilaian, inovasi metode dan juga media pembelajaran yang digunakan serta sebutkan juga kendala apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut.

Aksi (dalam laporan kata ini dihapus saja)

Aksi ini merupakan penjelasan dari tantangan yang dihadapi pada kegiatan praktik pembelajaran disertai dengan hasil dari penilaian yang dilaksanakan.

Refleksi (dalam laporan kata ini dihapus saja)

Dalam refleksi ini kita jelaskan dampak dari kegiatan aksi di atas, apakah berhasil, apakah sama saja atau bahkan malah menurun setelah dilaksakan aksi tersebut di atas. Sebagai dasar dari refleksi ini adalah hasil dari penilaian yang telah kita lakukan pada kegiatan pembelajaran. Misalkan dalam instrumen pengetahuan melalui post tes, ternyata hasilnya sangat baik terbukti dengan seluruh peserta didik mendapatkan nilai di atas KKM/KKTP.

III. KESIMPULAN

Berisi tentang rencana tindak lanjut yang akan kita laksanakan pada kegiatan pembelajaran selanjutnya. Kesimpulan ini merupakan hasil rangkuman dari kegiatan refleksi di atas.

IV. DAFTAR PUSTAKA

Silahkan isikan daftar pustaka sebagai sumber literatur pada pengisian Best Practice ini.

Demikian sedikit penjelasan mengenai Laporan Best Practice berdasarkan pengalaman saya mengikutu PPG dalam Jabatan. Untuk lebih jelasnya dapat melihat contoh bbest praktice pada link di bawah ini, terima kasih semoga bermanfaat dan tetap semangat.

LK-3 Laporan Best Practice

LK-2 Produk Bahan Refleksi

LK-1 Laporan Hasil Analisis Penilaian

LK 2.4. Rencana Evaluasi

LK 2.3. Rencana Aksi

LK 2.2. Penentuan Solusi

LK 2.1. Eksplorasi Alternatif Solusi

LK 1.3. Penentuan Penyebab Masalah dan Masalah Terpilih

LK 1.2. Eksplorasi Penyebab Masalah

LK 1.1. Identifikasi Masalah Pembelajaran

,
Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Sosial Media

Postingan Populer