LK-1 Laporan Hasil Analisis Penilaian Pembelajaran PPG Dalam Jabatan Siklus 2 (LK 3)

 LK-1 Laporan Hasil Analisis Penilaian Pembelajaran

Pada LK ini anda diminta untuk menuliskan laporan hasil penilaian pembelajaran pada salah satu kegiatan inovasi pembelajaran (PPL) yang telah dilakukan. Jadi kalau kita sudah melakukan dua kali kegiatan praktik pembelajaran, maka pilih salah satu kegiatan pembelajaran yang paling baik menurut kita. Jadi pada LK ini anda diharuskan menuliskan penilaian yang telah anda laksanakan pada kegiatan PPL bisa berupa penilain individu, kelompok,post tes dan lain sebagainya.

Pada LK ini ada enam kategori yang harus anda isi yaitu 1) Deskripsi Kegiatan Peilaian, 2) Hasil Dan Manfaat Penilaian, 3) Tantangan Kegiatan Penilaian, 4) Solusi Pemecahan Masalah, 5) Rencana Tindak Lanjut, 6) Daftar Pustaka.


I. Deskripsi Kegiatan Penilaian

Untuk mengisi kolom ini anda harus mendekripsikan atau menjelaskan jenis penilaian berupa apa yang telah anda lakukan pada kegiatan Pembelajaran (PPL). Bisa berupa penilaian Kognitif, Apektif atau Penilaian Psikomotorik baik itu berupa instrumen penilaian sikap, keterampilan atau pengetahuan. 

II. Hasil Dan Manfaat Penilaian

Bagian ini harus diisi berdasarkan hasil dari penilaian yang telah dilakukan, apakah penilaian tersebut sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yang sudah dituliskan dalam modul ajar. Bagaimana hasil dari penilaian sikap, penilain pengetahuan dan juga penilaian pengetahuan sudah baik atau belum mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). 

Kemudian sebutkan juga materi yang digunakan pada kegiatan pembelajaran tersebut dan sebutkan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Selanjutnya sebutkan pula manfaat dari penilaian tersebut, baik untuk siswa maupun untuk guru.

III. Tantangan Kegiatan Penilaian

Pada kolom ini anda diharuskan mengisi tantangan yang dihadapi ketika melaksanakan penilaian pada kegiatan pembelajaran. Apakah penilaian yang dilaksanakan sudah mencakup aspek kognitif, apektif dan psikomotorik (sikap,pengetahuan,Keterampilan) artinya penilaian anda sudah komprehensif atau belum. Kalau belum sebutkan saja penilaian apa yang belum anda laksanakan pada kegiatan pembelajaran tersebut dan sebutkan alasannya.

IV. Solusi Pemecahan Masalah

Untuk mengisi kolom ini merupakan jawaban dari tantangan diatas, jadi apa yang anda lakukan untuk mengatasi kekurangan pada penilaian diatas. Misalnya penilaian apa yang belum dilaksanakan terus jelaskan alasannya mengapa belum dilaksanakan lalu jelaskan solusinya sebagai pertimbangan untuk pembelajaran selanjutnya. Jangan lupa kaitkan dengan materi pembelajaran yang sesuai dengan modul ajar yang telah anda buat.

V. Rencana Tindak Lanjut

Rencana tindak lanjut merupakan solusi dari pemecahan masalah yang akan dilaksanakan pada kegiatan pembelajaran selanjutnya. Solusi ini bisa berupa penggunaan model pembelajaran yang tepat, pemilihan media yang sesuai atau juga bisa dengan inovasi pembelajaran yang lebih interaktif dengan memanfaatkan teknologi.

VI. Daftar Pustaka

Sebutkan beberapa daftar pustaka yang mendukung terhadap pembahasan pada materi di atas. Bisa berupa literatur dari buku, internet atau dari wawancara langsung dengan pakar.

Sebagai bahan pertimbangan dan untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh di bawah ini

LK-1 Laporan Hasil Analisis Penilaian Pembelajaran

LK-2 Produk Bahan Refleksi (LK 3.1)

LK.2.4. Rencana Evaluasi






,
Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Sosial Media

Postingan Populer