Cara Mengatasi Papan Ketik Atau Keyboard yang Tidak Muncul pada Hp Samsung SM-T211

Mengatasi Papan Ketik Android Yang Tidak Muncul

BERBAGI-Makin canggih Hp/Ponsel, makin rentan juga terhadap error atau permasalahan terutama pada Aplikasi atau Perangkat Lunak/Software. Salah satu permasalahan yang sering muncul pada Hp/Ponsel android adalah tidak muncul nya atau tidak tampilnya papan ketik/keyboard. 

Masih mending kalau Hp tersebut menggunakan dua papan ketik/keyboard dengan keyboard manual. Sehingga keadaan tersebut akan membuat kita jengkel karena kita tidak bisa membuat pesan atau pun menggunakan internet untuk mencari artikel atau mengirim kabar ke teman melalui sosial media.

Pada permasalahan ini, papan ketik/keyboard sama sekali tidak muncul pada layar berbeda halnya dengan error input pada keyboard. Error input keyboard biasanya ditandai dengan huruf/angka yang tampil pada layar tidak sama dengan yang dipijit pada keyboard. Untuk mengatasi hal demikian kita bisa mengikuti panduan Cara Mengatasi Error Input Bahasa Pada Papan ketik/Keyboard Hp Android.

Sebenarnya ada banyak permasalahan yang timbul pada papan ketik/keyboard Hp android. Untuk mengetahui masalah - masalah apa saja, kita bisa baca mengenai 5 Masalah Mendasar yang Timbul pada Hp Android.

Untuk mengatasi keyboar yang tidak tampil pada layar, sebagai contoh saya akan mencoba berbagi mengenai Cara mengatasi papan ketik/keyboard yang tidak muncul pada Hp android/Tab samsung SM-T211. 

Yang pertama kita lakukan adalah masuk ke menu Pengaturan/Settings.


Kemudian Kita pilih Aplication Manager, lalau pilih All (semua aplikasi), selanjutnya cari aplikasi Samsung Keyboard.


Buka aplikasi Samsung Keyboard, kemudian kita pilih atau tekan tombol Clear Data. Dan tutup kembali Menu Settings tersebut.

Sekarang kita coba apakah sudah muncul atau belum Papan Ketik/Keyboard tersebut dengan cara membuka menu pesan atau dengan cara membuka browser atau yang lainya agar kita bisa ngetik huruf. Dan kita bisa lihat ternyata keyboard tersebut sudah muncul kembali.


Demikian Cara mengatasi papan ketik/keyboar yang tidak muncul pada Hp android/Tab samsung SM-T211. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan saya ucapkan terima kasih telah mampir ke blog saya.

Baca Juga
1. Cara Wipe Hp BB Berbahasa Indonesia
2. Cara Wipe Hp BB Berbahasa Inggris
3. Cara Memotong Mini SIM menjadi Nano SIM pada HP Oppo Neo 5
4. Cara Setting Hp Android Oppo Neo Menjadi Hotspot Pribadi
5. Cara Mengatasi Lupa Pasword/Pola Layar pada HP Android SPC
7. Cara Mengembalikan Hp Android Asus Zenfone4 ke Pengaturan Awal/Pabrik
8. Mengatasi papan ketik/keyboard yang tidak muncul pada hp Oppo
9. Cara membuat umpan lomba untuk mancing ikan nilem
,
Baca Juga

146 comments:

  1. touchwiz terhenti,papan tombol samsung dengan cara diatas tidak berhasil,dengan cara hardreset juga gak bisa, instal juga gak bisa katanya proses.com.android terhenti apalah gitu. apa ya obhatnya masa lembiru masih bagus cuma perangkat lunaknya'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah di cek hardware nya apa belum?Biasanya berdasarkan pengalaman saya, kalau di instal ulang masih belum berfungsi biasanya ada hardware yang rusak...kalau boleh tahu, mulai error keyboardnya gara2 kenapa?

      Delete
  2. Kalo keyboard nya gak muncul sedangkan hp samsung saya terkunci kata sandi bgaimana memperbaikinya ? Apa ada cara lain selain mengetik kata sandi ny dulu ? Agar bisa ke opsinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba saja buka postingan saya yang lain tentang Mengatasi Lupa Pola/Sandi, semoga dapat membatu

      http://bisnisaqcell.blogspot.co.id/2016/01/cara-mengatasi-lupa-polapasword-pada-hp.html

      Delete
    2. iya saya juga,keyboard saya hilang dalam keadaan hp terkunci solusinya gmn y?

      Delete
    3. Berarti harus buka dulu kunci nya,caranya ada di artikel saya yang lain...cara mengatasi lupa pola/pasword

      http://bisnisaqcell.blogspot.co.id/2016/01/cara-mengatasi-lupa-polapasword-pada-hp.html

      Delete
    4. ka klo saya ingat pswrdnya tapi papan tombol samsung terhenti.jdi ga bsa buka kunci krna keyboard ga muncul.bagaiman slusinya?

      Delete
  3. punya saya samsung E7. Keyboardnya muncul cuma setengah doang, tidak full. gimana cara mengatasinya?

    ReplyDelete
  4. Bisa di kirimkan gambar nya gak?Mungkin Aplikasi keyboardnya rusak..coba download lagi dengan seri yang sama..terimakasih

    ReplyDelete
  5. makasih kak,berhasil..blog nya bermanfaat bgt sukses trusss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Ade Mia...Terima kasih telah mampir di blog sya...
      Kalau ada informasi tentang apa saja, kita berbagi disini,kita tukar informasi

      Delete
  6. Sama2 Ade Mia...Terima kasih telah mampir di blog sya...
    Kalau ada informasi tentang apa saja, kita berbagi disini,kita tukar informasi

    ReplyDelete
  7. Thank you kak..berhasil banget blognya...
    Hp aku udah sembuh dch skrg berkat blognya kaka..
    Thank you yaa kak..!??

    ReplyDelete
  8. Thank you sangat iyaa kak... blog nya berhasil banget..
    Skrg hp aku udah sembuh..
    Berkat aku baca blognya kaka..
    Thank you kakk.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. OK...Sama - sama De Reyni..,Terima kasih sudah mampir ke blog saya...

      Delete
    2. Maaf gan,mau tanya juga nih keybord tidak ada tapi posisi hp ke konci gimana cara mengatsinya boss***terima kasih

      Delete
    3. Maaf gan,mau tanya juga nih keybord tidak ada tapi posisi hp ke konci gimana cara mengatsinya boss***terima kasih

      Delete
    4. coba di hard resset hp nya..atau coba lihat artikel http://bisnisaqcell.blogspot.co.id/2016/01/cara-mengatasi-lupa-polapasword-pada-hp.html, untuk hard resset nya....

      Delete
  9. saya mau tanya, hp saya samsung ACE 3, sudah diinstal ulang tpi keyboard tidak muncul ada tulisan "tidak dapat menjangkau google saat ini", pas gw cari tau ternyata keyboard bawaan samsungnya hilang adanya voice google doang , gimana ya ? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,anda harus menginstal ulang lagi aplikasi keyboardnya dengan cara mendownload....kalau tidak bisa masuk ke google play, coba di riset ulang hp nya ke pengaturan awal, kemudian masukan lagi email google nya, semoga dapat membantu

      Delete
  10. Di keyboard hp samsung saya pake 3 bahasa. Biasanya kalo mau ngetik kebahasa lain di papan spasinya tinggal digeser tp beberapa hari lalu ngga berfunsi pdhl settingannya udah bener. Tolong jawab ya makasih

    ReplyDelete
  11. Saya mau tanya, di keyboard samsung saya pake 3 bahasa. Biasanya kalo disamsung kalo mau ganti huruf ke bahasa lain itu kan spasinya tingga digeser aja ya tp skrg pas digeser dia ngga mau keganti pdhl settingan input sudah benar dan di spasi jg ada tanda panah yg nandain kalo ada bahasa lain selain huruf alfabet. Itu kenapa ya? Minta solusinya ya..makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di clear data masih belum bisa, coba di instal ulang aplikasi keyboardnya...terima kasih..

      Delete
  12. Alhamdulillah setelah membaca langkah-langkah dari blog ini akhirnya papan tombol keyboard ku bisa juga.
    Saya ucapkan banyak-banyak terimakasih :) blognya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sma - sama, terima kasih juga telah mampir di blog saya...jika ada info yang baru, silakan share ke sini, kita berbagi

      Delete
    2. makasih bnyakk papan tombol saya udah balik lg makasih ya Tisna Choe :D

      Delete
    3. Sama - sama...sukses selalu

      Delete
  13. terimakasih berkat langkah-langkah dari blog ini papan tombol keyboard di hp ku akhirnya bisa juga. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih

    ReplyDelete
  14. iwwwww terimakasih banyak yaa. Blognya sangat membantu. Tapi maaf mau tanya, data yg dihapus apa tidak bermasalah nantinya? Makasih :)

    ReplyDelete
  15. trima kasih untuk bantuannya sudah berhasil papan tombol samsung saya sudahh ada lagi senengnya :D

    ReplyDelete
  16. Kak mau nanya cara menghilangkan tulisan 'papan tombol samsung terhenti' setiap aku lg ngetik pasti muncul kayak gitu trus papan tombolnya ga berfungsi kcuali aku log out dr chat trus kembali lg bru bisa di pake mengetik ;(
    Tolong di bantu kak soalnya ga betah banget papan tombolnya muncul terus.makasih kak ;)

    ReplyDelete
  17. halo gan... gw udah cari di setting-aplication manager-all tapi gak ada samsung keyboardnya ,, gimana solusinya gan...please

    ReplyDelete
  18. Klo keyboard saya tiba2 mengecil dan bisa digeser kesana kemari..itu kira2 disetting gmn ya? Biar bs balik lg ke keyboar normal..thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ganti jenis aplikasi keyboardnya yang ada di hp nya

      Delete
  19. terimakasih gan berkat agan jadi bisa hp aq

    ReplyDelete
  20. Mas mau nanya kalau mau msk ke pengaturan tp tidak bisa dan ada tulisan pengaturan terhenti itu knp ya ? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya ada aplikasi yang rusak,instal dlu saja aplikasiny

      Delete
  21. Kak ... di aplication managerx gak ada samsung keyboard ... duhh bemana dong kak.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba download lg aplikasi keyboardnya yang sesuai

      Delete
  22. Comment nya idem kyk sama si Nur Erika mayasari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama2...Terima kasih atas tanggapanya

      Delete
  23. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  24. Thanks bro kalau tidak ada blog anda mungkin saat ini saya tidak bisa menulis apa apa karna setiap saya membuka hp selalu ada tulisan "Papan tombol terhenti"itulah yang muncul saat saya memakai hp...setelah saya membuka blog anda saya mempraktekan nya habis itu bisa kembali thanks ya atas bantuan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy sama - sama..Terima kasih sudah mampir ke blog saya..

      Delete
  25. kalo hp oppo mirror3 gan, gmn caranya

    ReplyDelete
  26. kalau pada hp oppo mirror3 han,gmn caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di buka postingan

      http://bisnisaqcell.blogspot.co.id/2016/03/mengatasi-papan-ketikkeyboard-yang.html

      Mudah - mudahan bissa membantu...

      Delete
  27. Makasih info'a gan, simple tapi berguna banget.
    Beberapa hari ini pusing mikirin masalah ini, rencana mau bawa ke counter hp gk tau'a semudah itu penyelesain'a. Sekali lgi makasih gan, good luck buat agan. Tuhan Memberkati :)

    ReplyDelete
  28. Makasih gan atas info'a, simple tpi berguna banget. Beberapa hri ini pusing mikirin masalah ini apalgi kuota'a internet habis, rencana mau bawa ke counter hp gk tau'a sesimple itu penyelesaian'a. Sekali lgi makasih n good luck buat agan, Tuhan Memberkati :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sama - sama, dan terima kasih juga atas kunjungan nya. Kita terus berbagi

      Delete
  29. Iya sama - sama, mkasih juga sudah mampir

    Iya, nanti saya kunjungi alamatnya....

    ReplyDelete
  30. Terima kasih, berkat blog anda saya bisa kembali menemukan keyboard android saya yang hilang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama-sama, terima kasih sudah mampir

      Delete
  31. Terima kasih suhu, hampir saja hpku direstart ulang gara-gara keyboardpadnya ilang.

    ReplyDelete
  32. Terima kasih suhu, hampir saja hpku direstart ulang gara-gara keyboardpadnya ilang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama, makasih juga sudah mampir di blog saya...sukses selalu

      Delete
  33. Makasih banyak yah kak, berkat blog kakak samsung keyboard aku udah balik lg, tadinya mau dibawa ketukang service hp..untung ketemu blog kakak jd aku bisa benerin sendiri..jd ga perlu keluar biaya hehehehehe..
    Terima kasih banyak yah kak... GBU :)

    ReplyDelete
  34. Terima kasih banyak kak..berkat blog kakak akhirnya samsung keyboard aku bisa balik lg tanpa aku harus ke service hp jd ga perlu keluar biaya..blog kakak membantu sekali dan sangat bermanfaat..
    Thanks ya kak..GBU :)

    ReplyDelete
  35. Terima kasih banyak kak, berkat blog kakak samsung keyboard saya yg hilang bs muncul lg, blog kakak sangat membantu dan bermanfaat..Thx GBU :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iy sama - sama, makasih juga sudah berkunjung ke blog saya...terus lah berkunjung...

      Delete
  36. Kak bagaimana cara memperbaiki papan tombol Samsung saat ditekan nomor.terus keluar dari aplikasi atau keyboard hilang.

    ReplyDelete
  37. Saya mau tanya kaka bagaimana cara memperbaiki tombol papan Samsung keluar saat ditekan nomor.

    ReplyDelete
  38. bagaimana cara memperbaiki tombol papan Samsung keluar saat ditekan nomor.

    ReplyDelete
  39. bagaimana cara memperbaiki tombol papan Samsung keluar saat ditekan nomor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya bagaimana?coba di lihat di postingan saya yang lain...http://bisnisaqcell.blogspot.co.id/2016/01/cara-mengatasi-eror-input-bahasa-papan.html

      Delete
  40. Bang,numpang nanya nih, hp ku Galaxy Note 3 Neo, kejadiannya ngga mau muncul keyboardnya. Uda di clear data, uda di hard reset, uda di download keyboard segala macam, masih ngga mau muncul. Solusinya menurut Abang gimana?

    ReplyDelete
  41. Kak mau tanya,kenapa ya oppo r7s saya tanda sama dengannya berubah jadi tanda strip?:(

    ReplyDelete
  42. Kak mau tanya,kenapa ya oppo r7s saya ,tanda sama dengan berubah jadi tanda strip?

    ReplyDelete
  43. Kak mau tanya,kenapa ya oppo r7s saya tanda sama dengannya berubah jadi tanda strip?:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dengan cara di atas masih belum mengatasi solusi, coba di ganti input keyboardnya, atau lihat di postingan saya yang lain http://bisnisaqcell.blogspot.co.id/2016/01/cara-mengatasi-eror-input-bahasa-papan.html

      Delete
  44. Replies
    1. Iya sama-sama, makasih sudah mampir di blog saya....

      Delete
  45. solusi papan tombol samsung terhenti tetapi layar terkunci dengan keyboard. gmana caranya gan? kasih saran makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di restar, cabut baterai, kalau masih belum berfungsicoba di hard reset caranya bisa di lihat di post saya yang ini

      http://bisnisaqcell.blogspot.com/2016/01/cara-mengatasi-lupa-polapasword-pada-hp.html

      Delete
  46. Kan tadi posisi hp hang, ga boleh d apa apa in. Nah udah d riset ulang. Boleh. Tapi masalahnya sekarang mau bikin account awal itu gak bisa. Keyboard ny gak muncul, adanya cuma input audio aja. Nah itu solusinya gimana kak, biar bisa muncul keyboard nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mungkin aplikasi keyboardnya hilang, coba download dulu aplikasi keyboarnya, kemudian pasang...mudah - mudahan bisa berhasil

      Delete
  47. Punya saya samsung glaxi grnd prime,,untuk papan tombol WA ndak bisa kebuka padaha udah dipncet-2 jadi ndak bisa buat tulis pesan tpi untk aplikasi yg lain bisa misal kirm sms atau bbm mau kebuka,,kira -2 knapa ya n ada solusi....??? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ganti dengan aplikasi keyboard yang lain, kalau masih belum bisa,bisa di lihat di postingan saya yang lain tentang error input keyboard
      http://bisnisaqcell.blogspot.com/2016/01/cara-mengatasi-eror-input-bahasa-papan.html

      semoga berhasil....

      Delete
  48. Gan... bisa bantu ga. Oppo r7 sy tdk bisa menampilkan keyboard untuk membuka layar. Yang ada cuma gambar mic google tp ga aktif
    Trim's atas bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. layarnya pakai kode pola gak?terus kalau tombol power bisa berfungsi gk?Coba matikan lalu hidupkan lagi, atau kalau tombol power tidak berfungsi, cabut baterainya...

      Delete
  49. Gan... bisa bantu ga. Oppo r7 sy tdk bisa menampilkan keyboard untuk membuka layar. Yang ada cuma gambar mic google tp ga aktif
    Trim's atas bantuannya

    ReplyDelete
  50. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  51. Makasih kak :) keyboardnya udah muncul lagi

    ReplyDelete
  52. Bos klo layar Samsung tiba-tiba mengecil trus cuma kliatan separu gimana cara ngatasinya

    ReplyDelete
  53. matur nuwun... mugo barokah ngilmune... aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama,Aamiin...makasih sudah mampir...

      Delete
  54. Keyboardnya stiap kali mencet spasi ketikan kata2nya suka berubah2 itu kenapa gan tolong penjrlasannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dirubah input bahasanya..untuk penjelasanya bisa dilihat di artikel Cara mengatasi eror inpu

      https://bisnisaqcell.blogspot.co.id/2016/01/cara-mengatasi-eror-input-bahasa-papan.html

      Delete
    2. ka aku dah hapus aplikasi itu tapi tetap saja tak mau muncul bagaiana caran nya selain cara itu ka makasih ka

      Delete
    3. Jenis keyboardnya dicocokan dulu,sesuai dengan jenis/type Hp nya...

      Delete
  55. Biasanya keyboard gak muncul karena kehabisan ruang gan
    harus force close beberapa aplikasi
    :)
    tips yang bermanfaat tapi, lanjutkan gan!
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, terima kasih info nya...terima kasih sudah mampir...

      Delete
  56. Terima kasih gan. artikelnya sangat membantu :D

    ReplyDelete
  57. terima kasih gan. artikelnya sangat membantu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sama - sama...Terima kasih atas kunjungannya

      Delete
  58. Replies
    1. iya, sama - sama..terima kasih juga sudah mampir...

      Delete
  59. Terima kasih...akhirnya papan tombol saya muncul lagi...hebatt

    ReplyDelete
  60. selamat pagi gan..
    saya mau nnya dong.
    apa penyebabnya jika papan tombol samsung j1 ace nya tidak dapat ketik tulisan?
    tapi kalau ketik no bisa.

    plis bantu dong gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cara di atas masih belum bisa, coba agan kembalikan ke pengaturan awal..semoga membantu...

      Delete
  61. makasih gan hp samsung saya sudah bisa lagi keyboard nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama - sama..sukses selalu buat anda..

      Delete
  62. Maf boleh minta solusinya ngk, gimana kalo papan tombolnya tdk naik lalu hp udh di restar ulang... Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di clear data dulu dan hapus cache nya...semoga berhasil

      Delete
  63. Terima kasih Tisna, sangat amat membantu. Saya langsung berhasil. 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama - sama, sukses selalu buat anda...Terima kasih sudah mampir disini..

      Delete
  64. Akhirnya muncul jg papan tombolnya -_- hhff dh bingung aj bawaannya g bs ketik" huruf. Tp untung msh bs pake usap layar di aktifkan muncul papan tombolnya. Tp hanya sesaat trus g muncul lg. Nh untungnya sempet ketik di google. Ketemu deh blog ini. Alhamdulillah skrng papan tombol nya dh sembuh. Senengny. Thanks info nya gan. Sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama - sama gan, sukses selallu buat anda...

      Delete
  65. papan keyboard terhenti, tp pengaturan samsung keyboarnya ga ada gimana caranya ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya file keyboardnya ada yang hilang/kena virus..harus intal lagi aplikasi kyboardnya..

      Delete
  66. Mohon bantuannya untuk android samsung j1 mini papan tombol tidak muncul..mohon bantuannya..terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di restar, jika masih belum coba dilihat pada manager aplikasi apakah masih ada aplikasi keyboardnya atau sudah tidak ada. Kalau masih ada coba di clear data cache nya...wmoga berhasil, sukses selalu

      Delete
  67. Mantap bro... thx
    ane udah stress g bisa ngetik
    muncul error "keyboard hitap" truss
    ane apus aza "uninstall" keyboard hitap-nya
    jalan lagi deh...
    thx bro...
    mantap..

    ReplyDelete
  68. Terima kasih infonya sangat membantu :)

    ReplyDelete
  69. Terimakasih infonya sangat membantu :)

    ReplyDelete
  70. Terimakasih infonya sangat membantu

    ReplyDelete
  71. Terimakasih infonya sangat membantu

    ReplyDelete
  72. Kaka hp samsung J1 Ade saya pengaturan keyboardnya tidak bisa disetel dan keyboardnya tidak mau muncul dan selalu muncul notifikasi "maaf sayangnya keyboard anda terhenti" bahkan sampai saya restoran tapi tetap tidak ada perubahan...bagaimana cara memperbaikinya ya kak? Kalau tau tolong bantu saya ya kak terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dg cara di atas msih belum bisa, coba ganti dulu dg aplikasi keyboard yang lain(aplikasi pihak ketiga), kalau masih tidak bisa, instal ulang apliasi keyboardnya

      Delete
  73. Makasih kakak, dari tadi siang udah pusing. Kenapa ini papan gak mau muncul, udah semua urusan penting numpuk hari ini. Tapi berkat artikel kakak yg mudah,singkat, dan jelas semua dapat teratasi.

    ReplyDelete
  74. alhamdllah terimaksih atas informasi n solusinya hp sya kmbli normal,, smoga sllu berbagi dg ilmunya :-)

    ReplyDelete
  75. Sudah kucoba, dan berhasil. Terima kasih dulur, tak doakan kamu kelak masuk Surga ya....

    ReplyDelete
  76. klo dalam kondisi terkunci gmn carany

    ReplyDelete
    Replies
    1. buka dulu kuncinya, caaranya ada dipostingan yang lain
      https://bisnisaqcell.blogspot.co.id/2016/01/cara-mengatasi-lupa-polapasword-pada-hp.html

      Delete
  77. HP saya HUAWEI LU-A22 papan keyboard tdk muncul, sdh coba reset ke pengaturan pabrik tapi tetap tidak bisa / papan tdk muncul, sdh coba paksa berhenti aplikasi keyboard android (AOSP) tapi tetap tidak bisa, bgm ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah dipaksa berhenti, coba di instal lagi aplikasi keyboardnya gan, semoga berhasil...

      Delete
  78. Terimakasih atas informasinya mas.. barakallah..

    ReplyDelete
  79. Terimakasih banyak. Ini sangat membantu👌

    ReplyDelete

Sosial Media

Postingan Populer