LK.2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi PPG Dalam Jabatan Agribisnis Ternak

 LK.2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi

Pada LK. 2.1 ini terdiri dari tujuh kolom yang harus diisi oleh mahasiswa PPG Dalam Jabatan. Pengisian LK.2.1 ini juga masih berdasarkan hasil dari LK sebelumnya, jadi harus berkesinambungan dan berkelanjutan.

1. Masalah Dalam Pembelajaran

Untuk mengisi kolom ini, kita bisa melihat pada masalah yang diangkat pada LK sebelumnya,misalkan:

"50% Motivasi peserta didik pada kegiatan diskusi masih rendah untuk Mata Pelajaran Dasar-dasar Agribisnis Ternak Fase E, element Perkembangan Teknologi Produksi dan Isu-isu Global"

2. Penyebab masalah

a. Penggunaan metode diskusi yang belum optimal

b. Siswa belum memahami permasalahan yang didiskusikan

c. Pemilihan media pembelajaran yang tidak tepat



3. Kategori masalah

untuk kategori masalah ini, tinggal dimasukan atau diceklis penyebab masalah di atas apakah masuk kepada kategori metode, kategori materi, kategori media atau yang lainnya. Kalau berdasarkan penyebab masalah di atas berarti a) Kategori metode, b) Kategori Materi dan c) Kategori media.

4. Alternatif Solusi

Pada kolom ini merupakan alternatif solusi untuk mengatasi penyebab masalah yang sudah dikemukakan pada kolom dua di atas. Misalkan penyebab masalahnya adalah "Penggunaan metode diskusi belum optimal" maka alternatifnya misalkan "Pada kegiatan diskusi, guru menggunakan metode tanya jawab"

Untuk alternatif solusi ini sertakan juga literatur dari berbagai sumber, baik dari hasil wawancara atau dari leteratur di internet.

5. Kelebihan

Maksudnya adalah kelebihan dari Alternatif Solusi yang sudah dikemukakan pada  kolom empat di atas. Berarti pada alternatif di atas yaitu guru menggunakan metode tanya jawab pada kegiatan diskusi, maka kita harus menentukan apa kelebihan dari tanya jawab tersebut.

6. Kekurangan

Merupakan kekurangan dari alternatif solusi yang sudah dikemukan diatas, disamping kelebihannya juga kita kemukakan kekurangan dari alternatif solusi tersebut.Misalkan kekurangan dari metode diskusi dengan tanya jawab

a. Sebagian siswa masih tidak mau bertanya

b. Pembahasan diskusi keluar dari materi

7. Mitigasi

Untuk mengisi kolom mitigasi ini yaitu kita memberikan atau mengemukakan solusi dari kekurangan yang sudah disebutkan di atas. Misalkan "Untuk meminimalisir dari kekurangan di atas adalah 1) Guru memberikan waktu kepada peserta didik yang belum bertanya atau menjawabb, 2) Guru meluruskan jika ada pertanyaan atau jawaban yang keluar dari materi diskusi"

Karena pada penyebab masalah diatas ada tiga poin, maka kita kemukakan Alternatif solusinya juga harus tiga sesuai dengan penyebab masalahnya sehingga kolom mitigasi juga harus ada tiga permasalahan.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada link di bawah ini, semoga bermanfaat dan tetap semangat.

LK.2.1. Eksplorasi Alternatif Solusi

LK.1.1. Identifikasi Masalah

LK.1.2. Eksplorasi Penyebab Masalah

LK.1.3. Penentuan Penyebab Masalah

LK.2.2. Penentuan Solusi

LK.2.3. Rencana Aksi

LK.2.4. Rencana Evaluasi

LK-1 Laporan Hasil Analisis Penilaian (LK 3)

LK-2 Produk Bahan Refleksi (LK 3.1)

LK-3 Laporan Best Practice

,
Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Sosial Media

Postingan Populer