LK.1.1. Identifikasi Maslah
Untuk mengisi LK.1.1. pada siklus 1 ini adalah berdasarkan permasalahn yang terjadi disekolahnya masing-masing tertama pada kegiatan pembelajaran.
Masalah pembelajaran adalah: Kesenjangan antara tujuan yang direncanakan dengan realisasi pencapaian oleh siswa. Tujuan pembelajaran terbagi pada dua hal yaitu capaian kompetensi (KD/TP) dan proses pencapaian kompetensi (proses belajar). Pada terminologi ABCD (Audience, Behavoir, Condition and Degree), maka B dan D merupakan representasi capaian kompetensi, sedangkan C adalah proses pencapaiannya.
Identifikasi masalah adalah: proses menemukan kesenjangan yang terjadi pada siswa sebagaiaman definisi maslah pembelajaran.
Masalah pembelajaran adalah: Kesenjangan antara tujuan yang direncanakan dengan realisasi pencapaian oleh siswa. Tujuan pembelajaran terbagi pada dua hal yaitu capaian kompetensi (KD/TP) dan proses pencapaian kompetensi (proses belajar). Pada terminologi ABCD (Audience, Behavoir, Condition and Degree), maka B dan D merupakan representasi capaian kompetensi, sedangkan C adalah proses pencapaiannya.
Identifikasi masalah adalah: proses menemukan kesenjangan yang terjadi pada siswa sebagaiaman definisi maslah pembelajaran.
Eksplorasi penyebab masalah adalah: Mengidentifikasi semua kemungkinan penyebab terjadinya kesenjangan pencapaian tujuan pembelajaran oleh siswa. Penyebab tersebut dapat bersumber dari metode yang diterapkan oleg guru, sarana prasarana pembelajaran, lingkungan belajar, sikap dan perilaku guru, lingkungan sosial dan keluarga, dan diri siswa yang bersangkutan.
Pada LK.1.1. ini terdiri dari tiga kolom yaitu 1). Jenis permasalahan, 2). Masalah yang diidentifikasi, 3). Analisis identifikasi masalah
Misalkan
1. Jenis permasalahan
"Kemampuan literasi peserta didik masih rendah pada mata pelajaran dasar-dasar agribisnis ternak"
2. Masalah yang diidentifikasi
"Sebagian besar peserta didik kelas X belum tuntas atau belum mencapai KKTP pada mata pelajaran Dasar-dasar Agribisnis Ternak"
3. Analisis identifikasi masalah
"Dari jumlah 32 siswa kelas X ternyata sebanyak 15 siswa masih belum mencapai KKTP"
Diatas baru satu contoh jenis permasalahan, silahkan isikan beberapa kasus atau permasalahan yang lainnya yang sering terjadi dalam pembelajaran. Apakah itu dari segi keaktifan yang masih rendah, nilai hasil sumatif yang masih kurang atau yang lainnya.
Sebagai contoh dapat dilihat pada link di bawah ini
LK.1.1. Identifikasi Masalah Siklus 2
LK.1.2. Eksplorasi penyebab masalah siklus 2
LK.1.3. Penentuan Penyebab Masalah
LK.2.1 Eksplorasi Alternatif Solusi
,
No comments:
Post a Comment