LK.2.2. Penentuan Solusi
Pada LK 2.2 ini sudah mengerucut, dari beberapa solusi pada LK 2.1 kita ambil satu solusi yang akan dijadikan sebagai dasar dalam pembuatan Modul Ajar untuk kegiatan Praktik Pembelajaran atau PPL.
Untuk permasalahannya masih sama mulai dari LK 1.1 sampai LK sekarang, namun yang akan dibedakan adalah dalam menentukan solusi yang paling tepat dari beberapa solusi yang sudah dikemukakan pada LK sebelumnya.
Pada LK 2.2 ini terdiri dari beberapa kolom yang harus di isi oleh mahasiswa PPG Dalam Jabatan antara lain:
1. Masalah yang dipilih untuk diatasi
Masalah ini merupaka masalah yang akan dijadikan acuan dalam pembuatan Modul ajara untuk kegiatan PPL. Dan masalah ini merupakan hasil dari pengisian LK sebelumnya dan sudah dipresentasikan dengan Dosen pembimbing dan Guru Pamong. Misalkan:
"50% Motivasi peserta didik pada kegiatan diskusi masih rendah untuk mata pelajaran Dasar-dasar Agribisnis Ternak Fase E, element Perkembangan teknologi produksi dan Isu-isu global"
2. Penyebab masalah
Untuk mengisi kolom ini, diambil dari LK 2.1 pada kolom penyebab masalah dan ambil penyebab masalah yang paling relevan dan paling mendesak dan juga sesuaikan dengan materi yang akan dijadikan bahan pada Modul Ajar. Misalkan:
"Model pembelajaran yang digunakan guru belum tepat"
3. Solusi yang dipilih
Solusi ini juga diambil dari LK sebelumnya, dan pilih solusi yang dianggak kita paling tepat dan sesuai denga materi pembelajaran yang akan dijadikan modul ajar. Misalkan:
"Guru menggunakan model pembelajaran Discovery Learning"
4. Deskripsi
Pada kolom ini silahkan deskripsikan dari solusi yang sudah diambil, yaitu kalau dalam contoh diatas berati kita harus medeskripsikan Model Pembelajaran Discovery Learning. Mulai dari pengertian Model sampai dengan Sintaks dari model Discovery Learning.
5. Kelebihan
Berati karena solusi yang dipilih adalah model Discevery Learning, maka kita sebutkan kelebihan dari model pembelajaran tersebut. Misalkan:
a. Mendukung pastisi aktif peserta didik
b. Menumbuhkan rasa ingin tahu
c. Mengembangkan kemandirian peserta didik
6. Kekurangan
Merupakan kekurang dari solusi diatas yaitu kekurangan dari Model Pembelajaran Discovery Learning, misalkan:
a. Tidak efisien untuk kelompok besar
b. Peserta didik kesulitan menemukan solusi
7. Mitigasi
Merupakan solusi dari kekurangan model pembelajaran Discovery Learning, misalkan:
a. Guru membentuk kelompok diskusi kecil 2-3 orang
b. Guru memberikan penjelasan lebih detail kepada kelompok yang belum memahami
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada link dibawah ini, semoga bermanfaat dan tetap semangat!
LK.2.1. Eksplorasi Alternatif Solusi
LK.1.2. Eksplorasi Penyebab Masalah
LK.1.3. Penentuan Penyebab Maslah
LK-1 Laporan Hasil Analisis Penilaian (LK 3)
,
No comments:
Post a Comment