LK -2 Produk Bahan Refleksi PPG Dalam Jabatan!SMK!Agribisnis Ternak

 LK-2 Produk Bahan Refleksi

Untuk pengisian LK-2 Produk Bahan Rfleksi ini merupakan hasil pemilihan dari RPP yang sudah dilaksanakan baik itu pada PPL siklus I, maupun PPL siklus II. Jadi pilihlah salah satu dari RPP tersebut yang dianggap paling baik atau paling lengkap.

Pada LK-2 Produk Bahan Refleksi ini terdiri dari beberapa komponen yang harus diisi oleh mahasiwa PPG dalam jabatan antara lain: 1) Dekripsi Kegiatan Inovasi Pembelajaran, 2) Hal Baik/Manfaat Dari Inovasi Pembelajaran, 3) Tantangan/Masalah yang dihadapi dari Inovasi Pembelajaran, 4) Solusi Pemecahan Masalah, 5) Rencana Tindak Lanjut.


I. Deskripsi Kegiatan Inovasi Pembelajaran

Pada kolom ini kita harus mendeskripsikan kegiatan apa saja yang telah dilaksanakan pada kegiatan Pembelajaran antara lain:

- Tuliskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada kegiatan PPL tersebut

- Tuliskan juga materi dan element pada kegiatan PPL yang telah dilaksanakan

- Deskripsikan Model Pembelajaran yang telah dilaksanakan

- Deskripsikan metode pembelajaran

- Deskripsikan juga penilaian apa saja yang telah dilaksanakan

II. Hal Baik/Manfaat Dari Inovasi Pembelajaran

Untuk mengisi kolom ini silahkan jelaskan hal baik atau manfaat dari inovasi pembelajaran (model pembelajaran). Misalkan kita menggunakan model pembelajaran Discovery Learning, maka kita jelaskan manfaat dari model pembelajaran tersebut. Manfaat ini harus meliputi dua aspek yaitu:

- Manfaat Bagi Guru

- Manfaat Bagi Siswa

III. Tantangan/Masalah Yang Dihadapi Dari Inovasi Pembelajaran

Maksudnya kita harus menjelaskan tantangan yang dihadapi ketika melaksanakan pembelajaran dengan inovasi (model pembelajaran) yang telah dilaksanakan pada kegiatan PPL. Disertai dengan bukti berupa hasil penilaian atau instrumen penilaian yang telah dilaksanakan. Misalnya; Masih terdapat beberapa peserta didik belum aktif dalam kegiatan diskusi, berdasarkan hasil penilaian melalui instrumen individu sebanyak 70% peserta didik belum aktif dalam kegiatan diskusi.

IV. Solusi Pemecahan Masalah

Dalam menentukan solusi ini, kita harus melihat dari tantangan di atas, jadi pada kolom ini isikan solusi untuk menghadapi masalah dalam kegiatan diskusi sesuai dengan tantangan di atas. Misalkan pada tantangan di atas adalah peserta didik belum semuanya aktif dalam kegiatan diskusi, maka untuk mengatasi hal tersebut guru dapat menunjuk peserta didik mana saja yang dianggap belum aktif.

V. Rencana Tindak Lanjut

Dalam rencana tindak lanjut ini, silahkan isikan rencana apa saja yang akan dilakukan pada kegiatan pembelajaran selanjutnya, hubungkan dengan masalah/tantangan yang sudah dihadapi pada praktik pembelajaran. Misalkan, kita akan tetap melakukan pembelajaran dengan masih menggunakan model Discoveri Learning tetapi dengan metode atau media yang berbeda. Sebutkan saja media atau metode yang akan digunakan pada kegiatan pembelajaran selanjutnya.

Untuk lebih jelasnya dapat melihat contoh Produk Bahan Refleksi pada link di bawah ini, terima kasih dan tetap semangat.

LK-2 Produk Bahan Refleksi

LK-1 Laporan Hasil Analisis Penilaian

LK 2.4. Rencana Evaluasi

LK 2.3. Rencana Aksi

LK 2.2. Penentuan Solusi

LK 2.1. Eksplorasi Alternatif Solusi

LK 1.3. Penentuan Penyebab Masalah dan Masalah Terpilih

LK 1.2. Eksplorasi Penyebab Masalah

LK 1.1. Identifikasi Masalah Pembelajaran

LK-3 Laporan Best Practice

,
Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Sosial Media

Postingan Populer