Cara Paling Sederhana Membuat Umpan Mancing Ikan Nilem Atau Puyau

Berbagi - Ikan nilem atau dibeberapa daerah disebutjuga ikan puyau ini merupakanikan herbivora atau pemakan dedaunan. Kalau di alam biasanya ikan ini memakan lumut yang menempel dibebatuan atau daun yang hanyut terbawa arus. Seiring makin banyaknya pehobi mancing, sekarang ini ikan nilem pun menjadi primadona bagi mereka untuk dijadikan ikan dalam lomba memancing.

Dulu ketika saya masih hobi mancing ke sungai, hanya membawa umpan alam yaitu cacing sawah ataupun cacing pohon pisang. Atau untukumpan buatannyayaitu menggunakan sambal goreng tempe, sekaligus sebagai lauk makan nasi timbel. 

Seiring makin banyak peminat yang menginginkan sensasi tarikan ikan nilem, maka bermunculan lapak atau tempat mancng yang  dikelola secara profesional. Dengan makin banyaknya lapak mancing ikan nilem, otomatis makin banyakpula kreasi umpan yang dipakai. Bahkan tidak sedikit yang menggunakan campuran esense atau aroma dengan berbagai macam varian rasa. Saya pun ikut mencoba berkreasi dengan umpan ikan nilem ini, meskipun tidak juara karena saya menggunkan umpan murni tidak memakai essense atau aroma.

Jika sobat mancing mau mencoba resep yang saya pakai, berikut adalah bahan - bahan dan cara membuatnya.

Bahan yang diperlukan

1. Ubi jalan = 1 buah

Ubi jalar

2. Telur itik atau bebek = 1 butir


3. Kue Klik = 2 bungkus


Untuk takarannya

1. Ubi jalar satubuahyang besarnya kira-kira berukuran 6 cm dan yang berwarna kuning, dalamnyayang berwarna kuningbukan luarnya. Karenabanyak jenis ubi jalar yang luarnya berwarna kuning tapi dalamnya berwarna putih.

2. Telur bebek sebanyaksatubutir yang diambil hanya kuningnya saja. Mengapa menggunakan telur bebek atau itik, karena telur bebek lebih berbau amis.

3. Kue klik sebanyak 2 bungkus.Sebenarnya tidak mesti digunakan semuanyaini hanya opsional, jika umpan terlalulembek maka haluskan kue klik secara sedikit demisedikit.

Cara Pembuatannya

1. Rebus dulu umbi jalarnya atau dibakar juga bisa atau bahkan digoreng juga bisa, kebetulan saya biasanya direbus.

2. Umbi yang sudah matang dihaluskan lalu dicampur dengan kuning telur bebek

3. Campurkan kue klik yang sudahdi haluskan agar umpan tidak terlalu lembek. Untuk pengeras ini bisa juga menggunakan pengeras yang sudah jadi.

4. Umpan siap digunakan

Sebenarnya bahan dan cara pembuatan masih bisa dikreasikan lagi sesuai selera, sesuai lapak, sesuai air yang ada dikolam. Semisal untuk pengeras,sobat mancing bisa menggunakan pisces atau juga deho bubuk, kinoy  atau yang lainnya.

Yang jelas tidak ada umpan mancing yang jitu, karena banyak faktor yang mempengaruhinya, oleh karena itu teruslah berkreasi sampai mendapatkan umpan yang bagus.

,
Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Sosial Media

Postingan Populer