Teknologi Generasi ke 6 (6G)

BERBAGI - Terasa baru kemarin saya mengenal teknologi 4G dan mengganti kartu 3G menjadi 4G ke gerai terdekat. Bahkan handphone saya juga baru ganti tiga tahun ke belakang dengan ponsel 4G. Kecepatan yang saya rasakan dengan mengganti ponsel ke 4G sangat diluar dugaan, download file, kirim file menadi sangat mudah dan cepat. Video Call juga sangat cepat dengan kualitas video yang sangat bagus. Bermain game online juga terasa bermain game menggunakan playstation, karena saking cepatnya tidak ada lag.

Baru saja saya menikmati berbagai kecanggihan, kemudahan, kecepatan teknologi 4G, sudah muncul lagi yaitu teknologi generasi terbaru 5G. Sampai saat membuat artikel ini uga saya belum menggunakan ponsel dengan teknologi 5G. Saya belum merasakan bagaimana canggihnya teknologi 5G. Dengan teknologi 4G saja, sudah sangat terheran-heran dengan segala kecanggihannya, apalagi kalau sudah menggunakan teknologi 5G. Untuk saat ini saya belum bisa menggambarkan bagaimana kecanggihan dari teknologi 5G.

Beberapa bulan kebelakang, saya berbicara ke teman bahwa akan muncul teknologi terbaru yaitu teknologi 5G. Eh ternyata di Negara-negara maju sudah membicarakan bahkan sudah ujicoba teknologi paling baru yaitu teknologi 6G. Saya makin pusing menyimaknya, karena tidak terbayangkan bagaimana canggihnya teknologi 6G tersebut.

Dari beberapa sumber yang pernah saya baca, saya dengar,saya tonton berikut adalah perbedaan 5G dengan 6G.


1. Kecepatan

Teknologi 4g saja kecepatannya sudah mencapai 100 Megabit Per Sekon, dan teknologi 5G mencapai kecepatan 10 Gigabit per sekon apalagi jaringan 6G kecepatannya akan jauh lebih cepat. Menurut beberapa sumber teknologi 6G dapat mengirim file dengan ukuran 1 Tera hanya dalam satu detik saja.

2. Penggunaanya

Ketika pertama kali menggunakan 4G dunia terasa tidak ada jarak, karena kejadian apapun dan dibelahan bumi manapun akan langsung dikirim dalam bentuk video siaran langsung.  Pada masa jaringan 4G ini mulai bermunculan Online shop, Gojek, Goofood dan mulai bermunculan aplikasi Bangking.

Sedangkan pada jaringan 5G mulai banyak inovasi antara lain Mobil tanpa sopir (Driverless), Godrone yaitu sejenis goofood tapi menggunakan drone untuk menghantarkan pesanannya.  Sarana hiburan seperti bioskop ika menggunakan teknologi 5G maka akan menjadi 4 Dimensi buka 3 dimensi lagi.

Saya tidak bisa membayangkan penggunaan teknologi 6G, pada teknologi 4G dan 5G saja sudah sangat canggih. Jika sudah menggunakan jaringan 6G, komputer juga menggunakan chip yang bisa berpikir sendiri. Pada masa 6G ini adalah era robotik, karen peran manusia akan diganti dengan robot. Belanja ke supermarket yang melayani robot, begitu juga jika ke rostoran, yang melayani juga robot. Dokter mengobati orang sakit cukup dengan robot, dokter tidak perlu mendatangi pasien.

Teknologi pasti terus berkembang, kita akan lelah kalau terus mengejar-ngejar teknologi. Baru kemarin say menggunakan ponsel 4G, sebentar lagi harus ganti dengan ponsel 5G beberapa tahun kedepan harus ganti ponsel lagi dengan ponsel berteknologi 6G. Sebenarnya saya rindu dengan permainan - permainan zaman dulu, seperti main kelereng di lapangan, main gasing, ujan-ujanan, main petak umpet. Tetapi dengan munculnya teknologi baru, maka semua itu hilang tak berbekas.

,
Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Sosial Media

Postingan Populer