Perbandingan Jaringan 1G,2G,3G,4G dan 5G

Berbagi, Perkembangan teknologi telekomunikasi dari waktu ke waktu memang sangat cepat. Dulu ketika kita mempunyai ponsel poliponik sudah sangat bangga dan merasa sudah sangat canggih di zamannya. Bahkan untuk mendapatkan ponsel tersebut, harus merogok kocek yang lumayan mahal. Jika dibandingkan untuk masa sekarang, dengan harga segitu kalau sekarang sudah mendapatkan ponsel pintar yang lumayan canggih mungkin mendapatkan ponsel yang sudah 4G. 

Bahkan sekarang kita sudah masuk ke generasi ke lima atau 5G dengan segala kelebihannya. Untuk daerah yang baru saja mengenal 4G, sekarang harus sudah ganti lagi perangkat telekomunikasi yang sudah mendukung jaringan 5G. 

Meskipun sebenarnya perubahan satu generasi ke generasi selanjutnya, tidak serta merta langsung berubah. Tetapi ada masa transisinya, seperti contohnya dari 3G ke 4G, maka ada masa transisinya yaitu 3,5G, begitu juga untuk generasi-generasi yang lainnya.

Berikut adalah perbandingan jaringan telekomunikasi mulai dari 1G,2G,3G,4G dan 5G sebagai bahan pengetahuan kita untuk menghadapi jaringan yang super cepat yaitu 5G.

1. Jaringan Generasi ke-1 atau 1G

Jaringan ini masih menggunakan teknologi analog untuk perangkat telekomunikasinya. Kita bisa memanfaatkan jaringan 1G ini untuk mengirim suara atau melakukan panggilan lewat ponsel. Untuk kecepatan pengiriman data nya berkisar 2,4 kbps, bahkan boleh dibilang tidak bisa melakukan transfer data. Jaringan generasi pertama ini mulai diperkenalkan sekitar tahun 1981.

2. Jaringan Generasi ke-2 atau 2G


Pada jaringan kenerasi ke-2 ini, sudah digital dan bisa melakukan pengiriman suara, pesan dan juga gambar berupa SMS dan MMS. Untuk kecepatan transfer data nya berkisar 40-64 kbps, lebih cepat dari generasi sebelumnya yaitu 1G. Generasi kedua ini mulai diperkenalkan ke publik berkisar tahun 1991.

3. Jaringan Generasi k-3 atau 3G

Untuk generasi 3G ini terdapat perbedaan yang sangat mencolok dari generasi sbelumnya adalah yaitu sudah bisa internet. Disamping bisa digunakan untuk panggilan suara, mengirim pesan dan MMS juga bisa terhubung dengan internet. Bahkan pada generasi ini sudah bisa melakukan panggilan dengan video atau video call. Kecepatan transfe data untu 3G ini berkisar 2000 kbps atau sekitar 21,6 mbps, jauh lebih cepat dari generasi sebelumnya. Generasi ini diperkenalkan dan mulai digunakan pada tahun 1998.

4. Jaringan Generasi ke-4 atau 4G

Untuk generasi ke-4 ini mulai bermunculan berbagai game online yang mebutuhkan resolusi dan kecepatan yang tinggi. Pesan yang berupa SMS sudah berganti dengan pesar berupa media sosial yang lebih canggih lagi. Jaringan generasi ke-4 ini juga banyak digunakan untuk jaringan TV juga bisa menyimpan berbagai data awan atau pengkomputeran awan (cloud). Jadi kita bisa menyimpan berbagai file baik gambar,foto, data, maupun video bisa disimpan di internet. Kecepatan tranfer data untuk jaringan 4G ini berkisar 100 mbps, sangat cepat dibanding generasi sebelumnya. Generasi ke empat ini mulai diperkenalkan kisaran tahun 2008.

5. Jaringan Generasi ke-5 atau 5G

Pada generasi ke lima ini, diharapkan segala kegiatan menjadi digital. Seorang dokter bisa melakukan operasi bedah dengan jarak yang sangat jauh tidak perlu berhadapan dengan pasien. Atau kita bisa memainkan drone dengan jangkauan yang sangat jauh. Dengan adanya jaringaan 5G ini, nantinya semua perangkat yang ada dirumah bisa dikendalikan melalui ponsel pintar kita dimanapun berada.

Untuk kecepatan transfer data jaringan 5G ini berkisar 1gbps, sangat-sangat jauh lebih cepat dibandingkan generasi ke-4 atau 4G. Generasi terbaru ini mulai diperkenalkan pada tahun 2018 dan mulai digunakan dibeberapa Negara pada tahun 2020.

Kalau kita memperhatikan perkembangan teknologi khususnya teknologi jaringan memang sangat cepat. Mungkin saja untuk tahun - tahun mendatang akan muncul lagi jenis jaringan baru.

,
Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Sosial Media

Postingan Populer