Cara Mengisi EDS PMP Covid-19 2020 Melalui Ponsel Android

Berbagi,Dalam rangka pengumpulan data Evaluasi Diri Sekolah (EDS) tahun 2020 di masa darurat Covid-19, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah merilis Aplikasi EDS 2020 Covid-19. Prosedur pengumpulan data telah mengalami penyesuaian agar efektif digunakan di masa darurat Pandemi Covid-19.

Bagi sekolah yang menyelenggarakan pembelajaran secara Daring atau Belajar Dari Rumah (BDR), responden dapat melakukan pengisian melalui ponsel Android. Hasil pengisian instrumen dikirim kepada operator sekolah menggunakan media daring untuk diunggah pada Aplikasi EDS  2020 Covid-19.

Operator sekolah berperan sebagai terminal data, dengan memastikan hasil pengisian instrumen dari responden masuk ke Aplikasi EDS . Setelah progres data lengkap, operator sekolah melakukan sinkronisasi data EDS.

Pengisian instrumen oleh responden dilakukan melalui Aplikasi Offline Survey di ponsel android. Hasil pengisian berupa file DBResult.csv di kirim ke operator sekolah. Operator sekolah mengunggah/import file DBResult.csv ke Aplikasi EDS 2020 Covid-19. Berikut adalah langkah-langkah mengisi EDS PMP melalui Aplikasi Offline Survey di ponsel Android:

Cara A.

1. Download/unduh Aplikasi Offline Survey di Google Play lalu instal.


2. Buka aplikasi Offline Survey klik "OK" dan pilih menu "ADD NEW SURVEY"

3. Isikan alamat Url  Public Survey URL


    - untuk SD > http://in1.pmp.kemdikbud.go.id/658624

    - untuk SMP > http://in1.pmp.kemdikbud.go.id/215561

    - untuk SMA > http://in1.pmp.kemdikbud.go.id/993378

    - LimeSurvey Admin Username : pmp/pmp01/pmp02/pmp03 (pilih salah satu)

    - Limesurvey Admin Pasword : pemetaan2020

4. Lalu pilih menu "ADD SURVEY"

5. Mulai mengisi Identitas Responden (Peran,NPSN,NUPTK/NIK,e-mail)

6. Jika semua survey sudah di isi, maka download/unduh hasil lalu kirimkan ke operator sekolah file DBResult.csv.

Sebagai catatan bahwa aplikasi Offline Survey ini bisa berjalan dengan baik pada aplikasi Android dengan OS 5.1 ke atas.

Cara B

Cara kedua yaitu dengan menggunakan aplikasi Instrumen EDS (Pilih sesuai jenjang SD,SMP,SMA) yang ada di Google Play dengan cara mendownload langsung isi perintah yang ada. Untuk terakhir kali jika sudah selesai mengisi kuisioner lanjutkan dengan menyimpan hasil pengisian tersebut.


Setelah terinstal, tinggal pilih next dan langsung isi kuisionernya sampai selesai. Jika sudah selesai klik simpan dan download hasil pengisiannya lalu berikan ke operator sekolah untuk dimasukan ke Aplikasi EDS.



Klik kirim, kemudian file csv bisa dikirimkan melalui media sosial, baik WA,Telegram atau yang lainnya ke Operator sekolah.


Demikian cara mengisi EDS PMP pada Aplikasi Offline Survey di ponsel android, semoga bermanfaat.

,
Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Sosial Media

Postingan Populer