Cara Mengembalikan Barang atau Dana Ketika Kita Belanja Online

Berbagi, Dengan keadaan seperti sekarang ini yang lagi pandemi Covid-19, maka belanja secara online adalah kegiatan yang paling memungkinkan. Dengan belanja online, kita dapat meminimalisir penyebaran covid-19 ini. Namun, tidak sedikit mereka yang belanja secara online kecewa, karena barang yang diterima tidak sesuai apa yang diharapkan. Jika terjadi kejadian seperti itu, maka pembeli dapat mengembalikan barang tersebut kepada penjual atau toko online tempat kita belanja dengan syarat atau alasan sebagai berikut:

1. Saya Menerima Produk Yang Salah (Bisa salah ukuran, bisa salah warna atau bisa saja produk berbeda)

  • Pastikan Data Pengiriman (alamat asal dan tujuan) terbaca dengan baik dan sesuai dengan resi pengiriman
  • Perlihatkan Jenis dan Tipe barang dengan jelas
  • Perlihatkan bagian produk  yang salah dengan jelas
2. Saya Menerima Produk Yang Rusak/Tidak Berfungsi
  • Pastikan data pengiriman (alamat dan tujuan) terbaca dengan baik dan sesuai dengan resi pengiriman
  • Perlihatkan jenis dan tipe barang dengan jelas
  • Lakukan simulasi penggunaan barang (jika perlu listrik, maka hubungkan dengan colokan listrik
  • Bandingkan dngan barang yang berfungsi baik
3. Saya Menerima Produk yang Rusak Secara Fisik
  • Pastikan data pengiriman (alamat dan tujuan) terbaca dengan baik dan sesuai denga resi pengiriman
  • Perlihatkan jenis dan tipe barang dengan jelas
  • Perlihatkan bagian barang yang rusak dengan jelas dekatkan dengan kamera
  • Bandingkan dengan gambar yang ada di kotak barang
4. Saya Menerima Produk Yang Kurang (Jumlah dan Kelengkapannya)
  • Pastikan data pengiriman terbaca dengan baik dan jelas sesuai dengan resi
  • Perlihatkan jenis dan tipe barang dengan jelas
  • Perlihatkan dan hitung total jumlah barang dengan jelas
  • Perlihatkan contoh gambar dari barang yang tidak anda terima (kekurangannya)
Jika kita sudah mengetahui kekurangan dari barang yang kita beli, untuk langkah selanjutnya kita masuk ke aplikasi toko online. Pada kesempatan ini saya akan memberikan contoh pengembalian barang atau dana pada online shop Shopee.

1. Buat dulu pengajuan pengembalian. Klik Saya > Pesanan Saya > pilih produk yang akan diajukan

Gambar 2

2. Klik Ajukan Pengembalian > Pilih Alasan > Pilih Solusi "Pengembalian Barang dan Dana" > Klik Kirimkan > Tunggu Persetujuan Dari Penjual

Gambar 2

3. Setelah penjual setuju klik Pilih Jasa Kirim > Pilih J&T Express (agar gratis ongkir) > klik Konfirmasi

Gambar 3

4. Klik Lihat Intruksi (untuk melihat petunjuk pengembalian) > klik Download (untuk mencetak resi pengembalian) > klik Lokasi Cabang (untuk mencari cabang J&T terdekat)

Gambar 4

5. Tuliskan nomor resi pada paket, pastikan alamat pengembalian sudah sesuai dan bawa ke cabang J&T terdekat. Tunggu sampai barang kembali ke penjual dan telah dikonfirmasi oleh penjual.

Gambar 5

Demikian cara pengembalian barang atau dana pada olshop shopee, kita juga bisa menggunakan fitur Pusat Resolusi pada Shopee. 
,
Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Sosial Media

Postingan Populer