Mengapa Paket Data 4G Tidak Bisa Digunakan?Inilah Cara Cek HP Sudah Suport 4G atau Belum

Paket Data 4G Dan Cara Cek

Sebelumnya, kita harus tahu dulu apa itu 4G dan untuk apa jaringan 4G itu? 4G merupakan kependekan dari "fouth generation" atau "generasi ke empat" untuk standar komunikasi mobile. Sebelum generasi 4G ada yang disebut 1G/2G/3G jadi 4G merupakan kelanjutan dari generasi-generasi sebelumnya.

Untuk apa jaringan 4G ini?
Yang paling pokok dengan munculnya teknologi 4G adalah untuk menjadikan transfer data di Internet lebih cepat. Karena jaringan 4G ini sangat cepat dalam tranfer data, maka diperlukan ketahanan baterai pada setiap smartphone. Itu sekilas tentang jaringan 4G, yang akan saya bahas pada artikel ini adalah mengapa paket dara 4G tidak bisa digunakan disemua smartphone?

Kejadian ini pernah saya alami, waktu itu saya membeli hp luar negeri, setelah itu saya beli paket data 4G. Setelah saya setting pada hp saya dengan menggunakan jaringan 4G LTE, bahkan saya buat DNS baru, tetapi ternyata ketika saya pakai internetan, yang habis malah pulsanya sedangkan paket data 4G nya masih belum terpakai.

Saya cek jaringan di daerah saya ternyata sudah 4G begitu juga kartu sim card saya sudah suport 4G dan HP saya juga sudah suport 4G. Lalu apa masalahnya?


Saya cari-cari informasi tentang penggunakaan paket data 4G tetapi tidak ditemukan solusinya. Karena masih penasaran, saya mencari cara untuk mengecek apakah hp itu bisa digunakan 4G atau tidak. Saya menemukan situ untuk mengecek hp tersebut suport 4G atau tidak yaitu https://willmyphonework.net/. Berikut langkah-langkah cara menggunakan aplikasi online tersebut.


1. Masuk ke situ https://willmyphonework.net/
2. Disana ana menu Getting Started
3. Pilih menu "Brand" (Merek ponsel yang kita punya)
4. Pilih menu "Model" (Seri ponsel kita)
5. Pilih menu "Country" (Negara)
6. Pilih menu "Carriers" (Jenis Provider:XL,Axis,Telkomsel,Indosat)
7. Klik tombol "search"


Maka disana akan muncul spesifikasi ponsel kita, jika tanda "ceklis" berati hp kita suport kalau tanda "silang" berarti hp kita tidak suport. Ternyata meskipun hp saya mendukung jaringan 4G, berhubung hp saya tersebut hp luar negeri yang sudah di unlock maka jaringannya berbeda dengan yang ada di Indonesia. Hp saya tersebut merek panasonik yang beredar di Jepang sehingga berbeda jaringan yang ada di Indonesia.

Demikian artikel ini saya buat, semoga bermanfaat, terima kasih telah menyempatkan mengunjunginya.
,
Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Sosial Media

Postingan Populer