Cara Agar Aplikasi Dapodik Dan PMP Bisa Di Buka Menggunakan Dua Laptop Atau Lebih Menggunakan Hp Android (Sharing)

Berbagi, Sebenarnya bagi operator sekolah yang sudah lama berkecimpung di dunia Aplikasi Dapodik, mungkin ini sudah tidak asing lagi. Saya menulis artikel ini semoga dapat membantu bagi rekan - rekan operator sekolah yang baru.

Pada aplikasi Dapodik ataupun PMP versi terbaru diharapkan setiap komponen bisa mengisi data oleh masing - masing komponen. Sehingga tidak di input oleh operator sekolah apalagi pada Aplikasi Dapodik versi terbaru untuk merubah data GTK harus masuk dulu ke akun GTK itu sendiri. Nah, jika yang menginput data itu oleh GTK yang bersangkutan, akan sedikit meringankan beban dari operator sekolah.

Langsung saja ke langkah - langkahnya:

1. Seting dulu HP android pada menu tethering atau pada menu berbagi hotspot wifi atau pembagian jaringan sesluler. 


2. Koneksikan dua atau lebih laptop pada jaringan hostpot tersebut.


3. Seting laptop yang di dalamnya ada Aplikasi Dapodik atau PMP
4. Pada wifi laptop klik kanan dan pilih "Open Network and Sharing Center"

5. Pilih wifi Hp yang tadi sudah di tetheringkan, di sini saya menggunakan Hp Panasonik P-03E
6. Pilih tombol "Details"

7. Catat IPv4 address (192.168.43.251). Untuk setingan laptop clien samakan dengan setingan laptop server yang ada Aplikasi Dapodiknya.


8. Jika setingan clien sudah sama, buka aplikasi browser (Mozila atau Chrome)
9. Ketikan pada address browser "192.168.43.251:5774" untuk Dapodik, sedangkan untuk aplikasi PMP "192.168.43.251:1745".


Jika langkah-langkah di atas sudah benar, seharusnya berbagi aplikasi Dapodik dan PMP sudah bisa digunakan pada beberapa laptop.GTK bisa login menggunakan username dan pasword yang sudah dibuat pada aplikasi Dapodik oleh operator sekolah pada menu manajemen pengguna.

Catatan: Berbagi aplikasi ini bisa dilakukan jika kedua laptop terkoneksi pada jaringan yang sama. Dan ini tidak membutuhkan paket data internet, karena hanya untuk mengedit data saja bukan untuk sinkronisasi.
,
Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Sosial Media

Postingan Populer