Coba Cara Ini Untuk Mengatasi Dapodik Error Sinkron Atau Minta Update Versi Sinkronisasi

Error Sinkronisasi Aplikasi Dapodik

BERBAGI.Seiring rilisnya Aplikasi Dapodik Versi 2020, seiring juga munculnya berbagai masalah pada Aplikasi Dapodik Versi baru tersebut. Salah satu masalah yang sering muncul atau sering dialami oleh Operator Sekolah adalah gagal Sinkron diantaranya minta update terus versi sinkronisasi. 

Operator Sekolah sangat membutuhkan sekali sinkronisasi pertama karena diperlukan untuk mengambil data dari server yaitu data siswa, data guru, atau data yang lainnya yang mengalami mutasi.

Pada kesempatan ini saya akan sedikit berbagi mengenai cara mengatasi gagal sinkronisasi tersebut. Cara ini sudah saya lakukan dan ternyata berhasil melakukan sinkronisasi pertama kali. Yang pertama harus kita lakukan adalah mendownload dua file php yaitu "index.php dan sinkronisasi.php". Untuk mengunduh kedua file tersebut silahkan unduh pada link di bawah ini.


File di atas berbentuk rar, maka kita harus mengekstrak dulu file tersebut. Langkah-langkah menggunakan file tersebut adalah sebagai berikut:

1. Tutup semua aplikasi yang berjalan terutama Aplikasi Dapodik jika sedang dibuka maka tutup dulu.

2. Buka menu "services" pada komputer dengan cara masuk ko Control Panel > Administrative Tools > Services. Cari aplikasi "DapodikDB" dan "DapodikWebSvr", klik satu persatu kedua aplikasi tersebut dan tekan tombol "Stop" untuk keduanya. Ini dimaksudkan agar program Aplikasi Dapodik tidak berjalan karena kita akan merubah data yang ada pada komponen Dapodik.

Administrative Tools

Services

Stop/Start Services

3. Setelah Aplikasi dapodik berhenti atau di stop, maka kita buka file hasil download tadi kemudian copy kedua file tersebut dan paste di "synch_dikdas". (Drive C > Program File (x86) > Dapodik > dataweb > synch_dikdas.


4. Setelah di copy paste kemudian pilih "Replace the file in destination"


5. Untuk langkah selanjutnya kita masuk lagi ke menu services yaitu pada langkah ke 2 dan klik tombol "start" pada file "DapodikDB dan DapodikWebSvr" agar aplikasi dapodik bisa berjalan kembali.


6. Bukalah aplikasi Dapodik dan lakukan validasi sebelum melakukan sinkronisasi. Jika langkah-langkah di atas berhasil, maka Aplikasi Dapodik kita sudah bisa Sinkronisasi.

Demikian pembahasan mengenai cara mengatasi gagal sinkron, semoga bermanfaat dan saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
,
Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Sosial Media

Postingan Populer