Cara Input Nilai Pada Aplikasi E-Rapor Dengan Menggunakan Fasilitas Import Data Versi Terbaru

Cara Impor Nilai Pada Aplikasi E-Rapor

Dengan rilisnya aplikasi e-rapor versi 2.0 ini maka semua guru harus menginput nilai sesuai mata pelajaran yang di ampunya. Pada aplikasi e-rapor manual, input nilai ini dilaksanakan oleh guru yang menjabat sebagai wali kelas.

Dengan aplikasi e-rapor V2.0 ini, guru yang memiliki tugas tambahan sebagai wali kelas sedikit ringan, tidak perlu input semua mata pelajaran, hanya input mata pelajaran yang diampu oleh wali kelas tersebut.Dan juga paling hanya menginput data kelengkapan lainnya seperti jumlah kehadiran siswa, deskripsi. Sedangkan untuk identitas siswa sudah lengkap tidak perlu dirubah lagi, jika data pada aplikasi dapodiknya sudah lengkap.

Pada kesempatan ini saya akan sedikit berbagi mengenai cara input nilai pada aplikasi e-rapor dengan menggunakan fasilitas Import Nilai. Syarat import nilai ini, guru harus mempunyai backup data nilai dalam format excel. Nantinya beckup nilai tersebut akan disalin pada format yang sudah di unduh pada aplikasi e-raport.


Yang pertama kita lakukan adalah masuk atau login dulu pada aplikasi e-rapor menggunakan akun guru masing-masing. Selanjutnya buat rencana penilaian pada aplikasi e-raport tersebut. Dalam rencana ini kita tentukan mau berapa kali melakukan penilaian termasuk menentukan Kompetensi Dasar mana yang akan dilaksanakan.


Setelah selesai membuat rencana, langkah selanjutnya adalah mengunduh/mendownload format nilai yang akan di import nanti. Setelah didownload, isilah format tersebut dengan cara menyalin nilai dari data backup daftar nilai siswa hasil penilaian (ulangan harian) yang sudah dibuat di awal tadi.


Selanjutnya "save as" format nilai hasil download tadi yang sudah di isi seluruh nilai siswanya ke dalam excel dengan format "Excel 97-2003 WorkBook". Karena jika tidak disimpan dalam format excel 97-2003 tidak akan terbaca oleh aplikasi e-rapor.



Setelah selesai langkah di atas, masuk lagi ke aplikasi e-rapor dan pilih menu "Impor Data Siswa". Pilih tombol "Browser" untuk mencari file hasil download tadi yang sudah dirubah ke excel 97-2003 dan sudah di input nilai siswanya, lalu pilih tombol "Upload Data Nilai".


Jika langkah diatas sudah benar, seharusnya nilai siswa sudah masuk ke aplikasi e-rapor. Jika dalam satu semester kita melakukan tiga kali penilaian (ulangan harian), salin semua data beckup nilai ke format hasil download. Isi nilai P1,P2,P3 (Jika melakukan 3 kali penilaian), ini sesuai dengan rencana yang sudah kita buat di awal tadi. Sehingga dengan satu kali Impor Nilai, maka semua penilaian akan terisi mulai P1-P3.


Untuk input nilai keterampilan juga sama langkah-langkahnya dengan cara di atas. Demikian cara impor nilai pada aplikasi e-rapor, semoga bermanfaat.
,
Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Sosial Media

Postingan Populer