Cara Mengatasi Lupa Pola/PIN Pada HP Android Buatan China

Lupa Pola atau PIN

Berbagi-Seyogyanya Pola atau PIN merupakan suatu cara agar HP kita aman terhadap tangan-tangan jahil yang mau mengotak-ngatik isi dari HP kita. Tetapi ternyata setelah Pola dan PIN kita lupa, maka akibatnya akan menjadi fatal. Kita tidak bisa masuk ke menu utama, hanya bisa panggilan darurat saja. 

Jika terjadi seperti itu pastinya kita akan jengkel dan bercampur kesal bahkan akan marah-marah, apalagi HP nya mau dipakai. Tetapi jangan khawatir, pada kesempatan ini saya akan sedikit berbagi mengenai pengalaman dalam mengatasi lupa pola ini.

Mungkin Solusi terbaik kita datang ke bengkel HP, tetapi disamping  biaya perbaikannya cukup mahal, juga memerlukan waktu yang lumayan lama, sedangkan HP akan segera dipakai. Nah untuk itu jangan panik dulu, pada kesempatan ini saya akan sedikit berbagi mengenai cara mengatasi HP android yang terkunci oleh Pola atau PIN.

1. Salah satu cara mengatasi jika HP terkunci oleh Pola atau PIN adalah dengan cara Hard Reset. 

Tetapi cara ini sedikit beresiko, salah satunya HP akan bootloop sehingga untuk melakukan hard reset perhatikan langkah-langkahnya dengan seksama.


Sebelum melakukan hard reset buka dulu  kartu memory termasuk kartu sim juga, kontak beserta email juga simpan dulu atau catat dulu. Karena setelah di hard reset, pengaturan HP akan kembali ke pengaturan awal. Sehingga segala aplikasi hasil dari mendownload juga akan ikut terhapus, oleh karena itu segala email untuk akun aplikasi harus diingat-ingat. Baik itu email untuk google, facebook, atau email yang lainya, termasuk kontak untuk Whatsup juga harus disimpan agar tidak hilang.

Jika persiapan diatas sudah selesai, kita langsung matikan HP, kalau perlu cabut dulu baterainya, kemudian pasang lagi tetapi jangan dihidupkan. Nah, untuk memunculkan menu Hard rese atau menu recovery, kita perlu menekan tombol-tombol khusus. Biasnya untuk HP android buatan China, kombinasi tombol yang harus ditekan adalah tombol "Volume (-)" dan tombol "Power". 


Cara menekan tombol kombinasi tersebut harus secara bersamaan, atau agar jelas kita bisa menekan tombol Volume (-) dulu baru tekan tombol "Power". Tahan menekan tombol kombinasi tersebut beberapa saat sampai muncul logo HP yang kita reset tersebut. Setelah muncul Logo, selanjutnya lepas dulu tombol "power", setelah beberapa detik lepas juga tombol Volume (-). 

Kenapa tidak dilepas secara bersamaan, ini biasanya setiap tipe HP pasti ada sedikit perbedaan, agar menu rcovery bisa muncul, ada yang bisa langsung dilepas kedua tombolnya ada juga yang harus dilepas secara berurutan seperti yang dijelaskan di atas.

Jika dengan kombinasi di atas tidak berfungsi setelah menekan beberapa kali tetapi menu recovery masih juga belum muncul. Kita dapat menggunakan kombinasi Volume (+) dengan tombol Power. Kalau di atas dengan volume (-) kalau yang ini kita gunakan volume (+).

Setelah muncul menu recovery, kita tinggal pilih "wipe data/factory reset". Untuk menggeser - geser kursor atau untuk memilih masing - masing menu, gunakanlah tombol Volume ke atas atau ke bawah dan untuk OK kita gunakan tombol Power. 


Setelah itu akan muncul menu selanjutnya, maka kita tinggal pilih "YES".dellete all user data.


Setelah proses wipe data selesai, biasanya memakan waktu beberapa detik selanjutnya kita pilih menu "reboot" agar HP melakukan restar. Jika proses ini langkah-langkahnya sudah benar, semestinya HP tersebut sudah terbuka dan tidak memakai Pola atau PIN lagi.

2. Sekarang saya akan berbagi mengenai cara Hard reset HP android yang menggunakan Bahasa dan Huruf China.

Kalau yang tadi dijelaskan di atas itu adalah cara Hard Reset HP china tetapi menggunakan Bahasa Inggris. Maksudnya huruf yang muncul pada menu recovery tersebut menggunakan huruf china, kalau yang faham dengan Huruf china sih tidak masalah tinggal diartikan saja. Tetapi bagi kita termasuk saya yang tidak mengerti huruf china itu menjadi sangat berkendala, oleh karena itu setelah saya bertanya terhadaf orang yang faham, maka pada kesempatan ini akan saya bagikan langkah-langkahnya.

,
Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Sosial Media

Postingan Populer