Dapatkah Kelapa Muda Dijadikan Bahan Dasar Umpan Mancing Ikan Mas?Ini Jawabannya!

Berbagi-Setelah bahan - bahan yang kita perlukan terkumpul, langsung saja kita sediakan blender. Gunakan blender yang khusus untuk membuat umpan saja, jikalau tidak mempunyai blender khusus, cuci dahulu blender yang bekas sampai bersih, jangan menyisakan bekas sedikitpun apalagi aroma yang tercium bekas yang lain harus hilang. Di khawatirkan aroma bekas bumbu misalnya akan menempel ke adonan umpan, sehingga mempengaruhi kualitas.

Pertama:
Masukan telur ayam bloiler semuanya termasuk putihnya, nyalakan blender sampai telur tersebut berbusa.

Kedua:
Masukan ikan tuna Deho atau ikan tuna dengan minyaknya, nyalakan lagi blender dan tunggu sampai deho hancur dan tercampur merata.


Ketiga:
Masukan daging kelapa muda dan jika blender lengket tidak berputar beri sedikit air kelapa nya. Kelapa muda ini, yang masih bisa diambil menggunakan sendok jangan yang terlallu tua.

 
Keempat:
Masukan Kroto dan blender lagi sampai halus dan tercampur. Usahakan kroto yang bersih, hilangkan dulu yang masih ada semutnya.

Kelima:
Masukan Umpan jadi Pa.Ikin,dengan cara diiris - iris agar mudah diblendernya. Jika terlalu kental bisa ditambahkan sedikit air kelapa muda.


Keenam
Masukan keju dan susu dancow, giling hingga merata. Nah, jika adonan terlalu keras, susu dancow nya bisa diseduh dulu dengan sedikit air panas.


Jika semua bahan sudah tercampur dengan merata, selanjutnya masukan dalam kantong plastik karena bahan umpan ini akan menjadi banyak, maka kita bisa buat beberapa paket. Masukan ke dalam plastik kecil saja supaya cukup untuk menampung 5 sendok makan umpan tersebut. Terus saja masukan ke dalam beberapa plastik sampai umpan tersebut habis dan selanjutnya kukus semua umpan yang ada di dalam plastik tersebut selama 30 menit.


Catatan: jika umpan terlalu kental, kita bisa menambah air kelapa secukupnya, dengan resiko umpan akan menjadi lembek tetapi kualitas umpan tetap sama. Dan agar umpan yang tersisa tadi bisa dipakai lagi, maka simpanlah umpan tersebut di lemari pendingin. Umpan tersebut akan awet dan selama sebulan juga masih tetap bisa digunkan. Jadi kesimpulanya, meskipun awalnya sedikit mahal umpan ini, tetapi setelah dibuat beberapa paket, umpan ini akan menjadi lebih murah.

Untuk penggunaan umpan ini adalah ambil satu bungkus umpan yang sudah matang tadi, kemudian campur dengan sedikit deho kira-kira 5 ribu, dan campur dengan pengeras jika umpan masih lembek. Kenapa harus ditambah lagi dengan deho, itu untuk mengimbangi pengeras, agar rasa amisnya muncul. 

Untuk bahan pengerasnya bisa menggunakan kinoy merah atau juga menggunakan pisces, kalau saya lebih suka menggunakan pisces saja.

Jika teman-temat mancing mebutuhkan bahan-bahanya bisa dilihat di artikel Cara Membuat Umpan Lomba Mancing Ikan Mas dengan bahan dasar Kelapa Muda.

Demikian artikel mengenai cara membuat umpan mancing ikan mas untuk lomba harian dengan bahan dasar kelapa muda, semoga bermanfaat dan sukses selalu buat para pehoby mancing. 
,
Baca Juga

2 comments:

  1. Ikin yang besar apa kecil umpan aroma apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikin dengan kertas warna biru,isiya kuning yang kecil saja
      https://bisnisaqcell.blogspot.com/2018/06/resep-umpan-untuk-lomba-mancing-ikan.html#

      Delete

Sosial Media

Postingan Populer