Resep Umpan Untuk Lomba Mancing Ikan Mas Dengan Bahan Dasar Kelapa Muda

Umpan Mancing Ikan Mas Dengan Kelapa Muda

BERBAGI-Salam mancing buat sobat-sobat yang masih setia dengan kegiatan mancing. Pada kesempatan ini saya akan sedikit berbagi mengenai cara pembuatan umpan mancing ikan mas dengan bahan dasar kelapa muda. Umpan ini sering saya pakai ketika mengikuti lomba mancing ikan mas harian. Lumayan dengan berbekal umpan ini, saya sering tembus mendapat juara, meskipun bervariasi. Kdang juara satu kadang 3 atau kadang tidak tembus, tapi kalau dirata-satakan saya sering tembus dibanding tidaknya.

Meskipun mancing itu banyak faktornya, bukan hanya faktor umpan,faktor non umpan juga sangat berpengaruh terhadap hasil yang di dapat. Misalnya, saya menggunakan umpan tersebut pada pagi hari, ternyata tidak tembus juara, tetapi ketika saya mengikuti lomba pada sore hari ternyata umpan saya tembus juara. Atau ketika cuaca cerah tidak tembus, tetapi ketika cuaca hujan hujan menjadi bagus atau mungkin sebaliknya. Tetapi setidaknya kalau kita sudah berbekal umpan yang dibuat secara maksimal, maka hasil juga akan maksimal juga. Jadi faktor penting dalam mancing adalah kepercayaan terhadap umpan yang kita buat.



Masing-masing umpan memiliki karakteristik yang berbeda-beda, atau bagi mereka yang senang menggunakan perangsang atau essen itu sangat-sangat berpengaruh terhadap hasil. Terlalu sedikit perangsang umpan tidak dimakan, begitu juga terlalu banyak perangsang essen ikan malah kabur. Maka hati-hatilah jika menggunakan perangsang, bukanya malah untung ikan malah lari.

Kalau takaran kita sesuai dengan kemauan ikan, jelas tidak harus pakai perangsang, justru dengan umpan yang murni ikan akan lebih terangsang. Perangsang itu kebanyakan bahan kimia, jadi pakailah seperlunya, jangan terlalu banyak. Ikan sangat sensitif dan indra penciumannya sangat tajam, jadi jangan tergantung terhadap bahan perangsang. Pakailah umpan yang murni, dan alami kalau takaran sudah pas, saya jamin umpan akan dapet. Untuk mendapatkan takaran ini yang sulit, setiap kolam pasti berbeda-beda takaranya.

Itu sekilas tentang pengalaman saya selama memancing, kembali ke artikel yaitu mengenai cara membuat umpan mancing ikan mas bahan dasar kelapa muda. Adapun bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

1. Kelapa Muda
2. Bahan jadi Ikin
3. Keju
4. Susu Dancow
5. Telur ayam 
6. Deho
7. Kroto
8. Pengeras

Untuk takaranya adalah sebagai berikut:

1. Kelapa muda = usahakan kelapa yang masih sangat muda, yang dagingnya masih bisa diambil menggunakan sendok, kalau kelapa yang dikerok itu sudah terlalu tua. Sediakan kelapa ini sebanyak satu butir, ambil dagingnya saja.
2. Bahan jadi Ikin = bahan Ikin ini banyak didapat ditoko-toko pancing, pakai yang warna biru satu bungkus saja cukup.
3. Keju = biasanya keju ini sudah ada ditoko pancing yang berbentuk lembaran sudah dibungkus pakai plastik,beli satu lembar saja.
4. Susu dancow = gunakan susu dancow yang putih rasa original bukan vanila ataupun yang lainnya, beli satu sachet saja.
5. Telur ayam = gunakan telur ayam broiler sebanyak 3 butir
6. Deho = gunakan deho sebanyak setengah kaleng
7. Kroto = jangan terlalu banyak cukup beli 5 ribu tapi yang bersih

Cara Pembuatan ( Klik DISINI)
,
Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Sosial Media

Postingan Populer