Cara Mudah Backup Dan Restore Data di Aplikasi PMP

Cara Mudah Backup Data di Aplikasi PMP

Sesuai amanat pada Undang - undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dalam rangka memfasilitasi agar proses pelaksanaan sistem penjaminan mutu untuk satuan pendidikan lebih efektif dan efisien, maka Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah telah mengembangkan Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan.

Adapun tujuan dibuatnya Aplikasi ini adalah untuk memfasilitasi satuan pendidikan dalam menerapkan sistem penjaminan mutu. Diharapkan dengan adanya aplikasi tersebut dalam memperkuat upaya satuan pendidikan dalam memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu sesuai kebutuhan nyata di lapangan.

Sebelumnya saya juga tidak memahami cara backup data pada aplikasi PMP tersebut. Bahkan pernah update versi aplikasinya tidak di backup dulu, dan ternyata data yang sudah ada hilang semuanya. Terpaksa deh saya kerja lembur lagi, mengisi data dari awal lagi.

Adapun langkah - langkah dalam membackup data pada Aplikasi PMP ini adalah sebagai berikut:

Masuk ke Aplikasi PMP sesuai user dan pasword masing - masing sekolah. Selanjutnya pilih menu "Verifikasi dan Kirim Data".



Pilihlah menu "Backup Data", maka akan muncul link download, tunggu sampai proses download selesai. 



Jika kita akan mengembalikan lagi data yang sudah di backup, maka langkah selanjutnya buka menu "Restore Data" dan pilih file  backup yang telah di download tadi, klik "simpan". Jika file downloadnya berbentuk rar, maka kita ekstrak dulu ke format pmp.



Langkah terakhir masuk lagi ke aplikasi PMP dan lihat hasilnya,jika langkahnya sudah benar maka data yang sudah di backup akan muncul kembali.

Demikian cara Backup Data pada Aplikasi PMP, untuk kirim data bisa di lihat di Cara kirim data dan cara lihat progres pengiriman pada aplikasi PMP, semoga bermanfaat.
,
Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Sosial Media

Postingan Populer