Cara Kirim Data Dan Cara Melihat Progres Pengiriman Data Di Aplikasi PMP

Cara Kirim Data dan Cara Melihat Progres Pengiriman PMP

Aplikasi PMP ini merupakan sebuah aplikasi yang bersipfat komponen opsional (add ons/pengaya) dari aplikasi dapodik. Maka aplikasi PMP akan dapat bekerja atau berjalan jika dikomputer kita sudah di instal aplikasi Dapodik. Makanya kita sering mendapatkan masalah jika kita update dapodik,sedangkan aplikasi PMP nya belum di update, secara otomatis aplikasi PMP tidak bisa berjalan karena berbeda versi dengan Aplikasi Dapodiknya. Saya sarankan jika akan meng update aplikasi PMP lebih baik dilakukan backup data dulu, bisa di lihat di  Cara Backup Data Pada Aplikasi PMP

Dengan demikian data pada Aplikasi PMP adalah data yang terdapat pada Aplikasi Dapodik. Jadi jumlah PTK ataupun jumlah Peserta didik adalah sejumlah dari hasil input data di Aplikasi Dapodik. Semua data dari Aplikasi Dapodik itu akan disinkronkan dengan pertanyaan yang ada di Aplikasi PMP.

Itu mungkin sepintas mengenai cara kerja aplikasi PMP, untuk selanjutnya banyak teman - teman operator yang bertanya mengenai cara kirim data ke server. Nah, pada kesempatan ini saya akan mencoba berbagi berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami sebelumnya.

Jika memang data kita sudah selesai di isi kuisionernya, baik itu untuk PTK, PD, Pengawas, Maupun untuk komite, dan sesuai dengan batas minimal pengisian, maka kita sudah bisa untuk mengirimkan data tersebut ke server PMP.


Yang pertama kita masuk dulu ke aplikasi PMP sebagai operator, dan masukan username dan paswordnya juga sebagai operator. Masuk ke menu "Verifikasi dan Kirim Data", selanjutnya pilih menu "Kirim Data". 

Untuk kirim data ini pastikan dulu komputer kita sudah terkoneksi ke internet, jika sudak terkoneksi langsung saja klik tombol "Kirim Data".
Tinggu sampai proses kirim data selesai, ini bisa memakan beberapa menit. Jika ternyata sudah beberapa menit masih belum selesai, refres/reload (F5) saja aplikasi PMP nya karena berdasarkan pengalaman saya itu sudah terkirim ke server data nya.



Tinggal kita lihat di progres pengiriman yaitu di alamat pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id atau DISINI. Untuk selanjutnya pilih Provinsi, pilih kabupaten yang sesuai, pilih kecamatan dan lihat hasilnya, sudah terkirim atau belum ditandai dengan adanya waktu pengiriman dan sudah muncul tulisan "sudah mulai". Selanjutnya nantinya status data tersebut akan berubah menjadi "Diterima Server" dan jika sudah diproses oleh server maka status datanya akan berubah menjadi "Selesai Diproses"


Demikian cara mengirim data pada aplikasi PMP dan juga cara melihat progres pengiriman data PMP tersebut. Semoga bermanfaat dan saya ucapkan terima kasih.
,
Baca Juga

9 comments:

  1. terima kasih. artikelnya sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama - sama, terima kasih sudah mampir di blog saya..

      Delete
  2. gan,saya cek diweb resminya, sudah ada tulisan diterima server tapi nggk ada waktu pengiriman,trus saya buka detailnya sekolah saya statusnya belum pernah mengirim..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya , itu biasanya lagi nunggu antrian untuk di proses..atau bisa dikirim lagi, biasanya belum selesai kirim data nya karena server penuh...

      Delete
  3. Gan saya setatusnya ditrima server tapi kenapa masih kosong respondennya di profil sekolah pada pgogre spengiriman tersebut..
    tolong pencerahan..!!!

    ReplyDelete
  4. saya setatusnya diterima server.. tp kenapa masih kosong hasil respondenya pada profil sekolah di progres itu

    ReplyDelete
  5. Iya, tunggu diproses dulu oleh server...minimal kepala sekolah sudah ada muncul...lihat saja status di progres nya..apakah disuruh kirim ulang, atau tunggu proses, atau belum kirim..mungkin bisa membantu

    ReplyDelete
  6. Maaf mau nanya tmpt sy sudah dikirim status berhasil tetapi di progress kirim mengapa masih silang merah blm kirim ya? Apa sy hatus ngirim ulang lagi?
    Mhn dijawab. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, banyak kejadian seperti itu, kalau sudah ditunggu beberapa hari masih belum, mungkin data anda belum diterima server,coba dikirim ulang lagi

      Delete

Sosial Media

Postingan Populer