Belajar Memperluas Jaringan Wifi Modem Indihome Menggunakan TP Link TL-WR941HP Pada Mode Access Point

Berbagi- Pada kesempatan ini saya akan berbagi mengenai cara memperluas jaringan wifi indihome dengan menggunakan router Tp Link Tl-WR941HP pada mode Access Point. Kebetulan beberapa hari yang lalu saya berlangganakan Internet Indihome karena instalasi Indihome baru masuk ke daerah saya. Ternyata setelah beberapa hari berlangganan, saudara saya yang berjarak 50 meter ingin berlangganan tetapi tidak sanggup untuk membayar tagihan. Oleh karena itu, dia meminta saya untuk sedikit berbagi koneksi internet. 

Setelah berfikir beberapa hari, akhirnya saya mengizinkan dia untuk menembak wifi indihome dari rumah saya. Saya sarankan dia untuk membeli sebuah Router dengan kabel UTP LAN. Selang beberapa waktu dia datang lagi kerumah saya sambil membawa sebuah Router  merek TP LINK TL-WR941HP berikut kabel UTP Lan nya. 

Saya pun langsung merangkainya, meskipun saya tidak mahir mengenai jaringan tetapi sedikit-sedikit mengetahui tentang pembagian jaringan. Karena saudara saya tersebut sudah membawa kabel UTP nya dan jarak rumahnya lumayan jauh sehingga saya setting Tp Link nya pada mode Access Point dengan menggunakan kabel UTP. Berikut langkah-langkah setting yang saya lakukan.

1. Nyalakan Router nya, dan sambungkan kabel LAN ke laptop dan ujung yang satunya ke Router soket WAN (Internet) yang warna biru.


WAN Router TP Link TLWR941HP

Soket LAN laptop

2. Buka browser Chrome dan ketikan 192.168.0.1 (untuk masuk ke munu Router) atau juga bisa dengan cara mengetikan tplinkwifi.net.


3. Login dengan menggunakan pasword yang tertera di bagian belakang Router TP Link tersebut.

4. Masuk ke menu "Mode" lalu pilih "Access Point"


5. Pilih region :Indonesia dan "Time Zone" : Jakarta (GMT+7)

6. Pilih menu "Access Point-Transform your existing wired network to a wireless network"

7. Pilih SSID yaitu nama wifi yang akan muncul nantinya berikut paswordnya lalu klik "next"

8. Lalupilih "save" untuk menyimpan semua settingan dan tunggu beberapa saat.

9. Setelah berhasil menyimmpan selanjutnya klik "finish" dan tunggu sampai proses selesai.

Setting router Tp link sudah selesai selanjutnya tinggal cabut kabel UTP pada laptop dan hubungkan ke modem indihome pada soket lan yang ke-2/3. Jika sudah terkoneksi, tinggal tarik kabel UTP ke tempat rumah saudara saya tadi.

Demikian pengalaman saya dalam menyetting TP Link TL-WR941HP pada mode Access Point, semoga bermanfaat. Terima Kasih

,
Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Sosial Media

Postingan Populer