Mengatasi Hp Android Mentok Di Logo dan Hidup - Mati Tanpa Ke Service

BERBAGI - Pada Kesempatan ini, saya akan sedikit berbagi mengenai pengalaman saya dalam mengatasi Ho Android yang mentok di logo dan mati - hidup berulang - ulang tanpa henti. Kebetulan Hp android yang mengalami masalah tersebut adalah merek Oppo Neo 5 R1201.

Sebelum melanjutkan, sekedar memberitahu bahwa saya ini bukan ahli dalam service atau bengkel Hp. Namun saya sering mengotak-ngatik jika ada Hp yang rusak atau bermasalah sebelum saya bawa ke bengkel. Jadi meskipun anda tidak mahir dalam reparasi Hp, akan dengan mudah anda melakukannya.

Alat yang saya gunakan untuk memperbaiki Hp tersebut hanyalah sebuah obeng dan kuas cat yang kecil. Sebelum saya menemukan cara mengatasinya, sudah banyak situs yang dikunjungi. Semua cara yang dipaparkan pada sebuah situs sudah saya lakukan, tetapi tidak mendapatkan hasil yang maksimal. 

Ada yang menyarankan harus hard reset, saya pun mencobanya dengan panduan dari situs tersebut, namun tidak mendapatkan hasil yang memuaskan. Ada juga yang mennyarankan harus ganti baterai, sayapun langsung mencari baterai dan langsung dicoba diganti dengan baterai baru, tapi tetap Hp saya masih mentok di logo.

Bahkan ada juga yang menyarankan harus di flash atau instal ulang. Seketika itu juga saya mencari-cari cara flash dan software-software yang diperlukan. Sudah semua didapatkan, saya coba praktek dan ternyata hasilnya sama saja Hp masih mentok di logo. 

Mungkin dengan cara flashing ini, pengetahuan saya tidak bagus, jadi hasilnya pun tidak memuaskan. Jadi saya sarankan kalau mau flash Hp, bawa aja ke ahlinya dari pad Hp tambah parah.

Yang terakhir saya baca artikel yang menyarankan buka dulu baterai dan kemudian pasangkan lagi. Tetapi setelah saya coba masih tetap Hp saya tidak kunjung baik. 

Akhirnya saya sedikit putus asa, kemudian saya bongkar itu Hp, bahkan semua konektor saya copotin, baik itu konektor ke baterai,kamera,layar pkoknya semua saya copotin. Dan karena saya sudah malas karena Hp tidak bisa diperbaiki saya biarkan Oppo Neo 5 saya berantakan dan terurai.

Selang beberapa hari kira-kira udah dua hari, saya penasaran untuk mencoba memasang kembali hp yang terurai biar gk berantakan. Setelah sau persatu saya rangkai kembali Hp androidnya, dan saya coba carger, ternyata baterainya masih full akhirnya saya coba untuk menyalakan. 

Seperti biasa awal dinyalakan logo muncul, tetapi kali ini lama mentok di logo biasanya hidup-mati. Saya coba biarkan saja, dan selang beberapa menit, muncul pengaturan awal seperti kita beli Hp baru dan alhamdulillah ternyata Hp saya bisa nyala dan digunakan lagi.

Saya pun bingung, kenapa Hp bisa normal lagi, tetapi ternyata setelah saya baca beberapa artikel bahwa dengan mencabut semua konektor terutama konektor baterai sama dengan mereset Hp.

Demikian pengalaman saya, semoga dapat bermanfaat dan saya mengucapkan terima kasih telah menyempatkan membaca artikel ini.

,
Baca Juga

2 comments:

  1. Trimksih informasinya akan saya coba semoga berhasil ya Allah ,Aamiin

    ReplyDelete

Sosial Media

Postingan Populer