Untuk Apa Akun GTK Dapodik (Guru dan Tendik) di Buat?Bagaimana Cara Membuat Akun GTK Dapodik?

Akun GTK

Pada Aplikasi Dapodik Versi terbaru ada menu GTK, dimana di dalam menu tersebut dibagi menjadi tiga sub menu yaitu Guru,Tendik dan GTK Non Aktif. Guru merupakan para pengajar yang ada di Sekolah yang terdaftar di Dapodik.

Jika ada guru yang belum terdaftar, maka Operator harus mendaftarkan dulu guru tersebut ke Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten. Sedangkan Tendik merupakan Tenaga Kpendidikan atau Tenaga Administrasi atau Staf Tata Usaha.

Untuk GTK Non aktif adalah semua data Guru dan Tendik yang sudah keluar mutasi atau yang sudah pensiun atau yang sudah berhenti bekerja. Pada menu GTK Non Aktif ini akan terekam semua guru yang pernah bekerja/mengajar disekolah kita.

Lantas untuk apa harus membuat akun GTK?

1. Untuk login ke Aplikasi Dapodik
Mengapa harus login ke Aplikasi Dapodik menggunakan akun GTK?Karena semua data GTK pada akun sekolah atau akun Operator akan terkunci dan tidak bisa memperbaiki data GTK kecuali data tugas tambahan saja yang dapat dirubah oleh akun sekolah.  Untuk merubah data GTK, maka kita harus masuk dulu Aplikasi Dapodik menggunakan akun GTK itu sendiri.

2. Untuk login ke Info GTK
Dulu untuk masuk ke akun info GTK hanya tinggal memasukan NIP/NRG dan paswordnya menggunakan tanggal lahir GTK itu sendiri. Tetapi semenjak versi info GTK terbaru muncul, maka untuk melihat info GTK, harus login melalui akun GTK yang sudah dibuat di Aplikasi Dapodik.

Bagaimana cara membuat akun GTK?

1. Login ke Aplikasi Dapodik menggunakan akun Sekolah/Operator
2. Masuk ke menu GTK
3. Pilih salah satu Guru atau Tendik yang akan dibuatkan akunnya
4. Pilih menu "Penugasan"

 5. Pilih menu "Buat Akun GTK"


5. Pilih email (biasanya email ini sudah ada karena sudah dimasukan ketika awal GTK didaftarkan di Dapodik)
6. Buat pasword dan konfirmasi pasword tersebut agar sama
7. Klik simpan.


Sampai disini akun GTK sudah selesai dibuat, tinggal kita coba login pada Aplikasi Dapodik menggunakan akun GTK tersebut. Sedangkan untuk login ke Info GTK kita harus melakukan sinkronisasi dulu Aplikasi Dapodiknya.
,
Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Sosial Media

Postingan Populer