Cara Mengatasi Error Pada Aplikasi Dapodik Tidak Bisa Masuk Local Host (Whoops, look like something went wrong)

Mengatasi Error Local Host Dapodik

BERBAGI-Pada awalnya,Aplikasi Dapodik tersebut lancar-lancar saja, tetapi ketika mau menyimpan hasil perubahan loadingnya lama sekali. Akhirnya saya coba refres kembali, tetapi malah muncul notifikasi error "Whoops, look like something went wrong". 

Seketika itu saya jadi kaget beserta bingung, padahal hari ini batas terakhir siknronisasi. Rencananya saya akan instal ulang aplikasi tersebut dengan resiko semua perubahan akan hilang.


Sebelum melakukan instal ulang, saya coba utak atik Aplikasi Dapodiknya, bahkan saya coba Update aplikasinya beserta prefillnya, tetapi masalah masih belum terselesaikan. Ditengah kebingungan tersebut, saya ingat dulu pernah memindahkan dapodik dari komputer satu ke komputer lainnya yaitu dengan cara mematikan services pada menu administrative tool di control panel.


Tetapi saya lihat ada yang janggal pada pengaturan services administrative tersebut yaitu pada file "DapodikDB", ternyata statusnya "Stop". Akhirnya saya coba aktifkan file DapodikDB nya dengan cara menekan menu "start" sehingga statusnya menjadi "Running".


Setelah itu saya coba masuk ke Aplikasi Dapodik lagi dengan cara merefresh atau mereload lagi, dan ternyata Aplikasi Dapodik sudah bisa muncul lagi, dan bisa login lagi.


Itulah pengalaman saya dalam mengatasi Aplikasi Dapodik yang tidak bisa masuk local host atau error. Akhirnya sayapun bisa sinkron dengan data hasil perubahan tadi. Untuk tutorial dalam bentuk videonya bisa dilihat DISINI.

,
Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Sosial Media

Postingan Populer