Cara Kirim Data Pada Aplikasi PMP (Penjaminan Mutu Pendidikan) 2018.07 Agar Sukses

Kirim Data PMP

Seiring telah dimulainya tahun ajaran baru yaitu 2018/2019, maka telah dirilis aplikasi PMP 2018.07 yang berupa Updaternya. Sehingga dengan diterbitkannya versi terbaru, para operator harus sudah mulai mengimput data kuesioner baik untuk Siswa,PTK,Komite Sekolah, Kepala Sekolah dan Pengawas Pembina.

Pada kesempatan ini saya akan sedikit berbagi mengenai cara Kirim Data PMP agar berjalan dengan sukses. Syarat yang harus kita lakukan adalah semua kuesioner harus terisi sesuai kuota yang telah ditentukan. Kita bisa mengisi mulai dari siswa, kemudian kuesioner Guru dilanjutkan Komite Sekolah lalu Kepala Sekolah dan yang terakhir Pengawas Pembina.

Rincian pengisian kuisioner adalah sebagai berikut:
  1. Siswa sebanyak 15 orang
  2. PTK sebanyak 10 Orang
  3. Komite Sekolah sebanyak 3 Orang
  4. Kepala Sekolah
  5. Pengawas Pembina
Jika semua kuesionar telah terisi setiap pengguna, maka kita tinggal komfirmasi selesai. Yang sering kita lupakan adalah pengisian kuesioner sekolah yaitu melalui kuesioner Kepala Sekolah. Karena ada satu saja yang tidak terisi, maka kita tidak bisa konfirmasi data dan juga kirim data.

Seandainya semua data sudah terisi dan sudah dikonfirmasi, termasuk data untuk pengawas pembina kita bisa langsung kirim data ke server. Syarat untuk kirim data ini harus terkoneksi dengan internet. Adapun urutan pengiriman data PMP ke server ini bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
Kuesioner untuk semua pengguna yang tercantum harus terisi ditandai dengan tanda ceklis, kalau masih ada tanda silang berarti ada salah satu pengguna belum mengisi atau belum lengkap pengisian kuesionernya.

Sebagai catatan, sebelum kirim data alangkah baiknya lakukan backup data dulu untuk dikemudian hari apalikasi PMP pada komputer terhapus atau komputernya di instal ulang.
Selanjutnya klik "Kirim Data Perdana" ceklis semua data yang akan di kirim
Tunggu hingga proses kirim data ke server selesai, cepat atau lambatnya pengiriman tergantung dari koneksi internet dan kesibukan server.
Jika proses kirim data sudah selesai, kita bisa lihat progresnya di alamat http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/pengiriman/progres. Tidak semua data yang terkirim langsung diproses biasanya memakan waktu dua sampai tiga hari setelah proses kirim data.
Terkirimnya data ke server pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id ditandai dengan munculnya data sudah terkirim tinggal tunggu diproses. Demikian cara kirim data pada aplikasi PMP 2018.07, semoga bermanfaat.
,
Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Sosial Media

Postingan Populer