Cara Instal Atau Update Aplikasi Dapodik

Instal Aplikasi Dapodik

BERBAGI-Sudah menjadi rutinitas bagi operator sekolah jika masuk tahun ajaran baru yaitu pembaharuan Aplikasi Dapodik versi sebelumnya ke versi terbaru. Pembaruan aplikasi Dapodik ini merupakan upaya untuk selalu meningkatkan kualitas data Dapodik sekaligus upaya untuk mengakomodasikan regulasi yang berlaku. Diantaranya pembaruan tersebut berhubungan dengan diterbitkannya Permendikbud No 14 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan atau bentuk lain yang sederajat. Pembaruan yang lainnya yaitu berhubungan dengan Permendikbud No 15 Tahun 2018 Tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas sekolah. Selain itu Pembaruan juga berfungsi untuk menyelaraskan terhadap prosedur dan mekanisme pemanfaatan data Dapodik untuk berbagai transaksi di lingkungan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Pada aplikasi Dapodikdasmen Versi terbaru ini banyak pembaruan yang signifikan karena menggunakan versi database yang terbaru. Perubahan dalam pembaruan tersebut antara lain pembaruan fitur dan juga penambahan fitur baru, validasi data, dan juga perbagian beberapa bug pada versi sebelumnya. Maka dengan hadirnya Aplikasi Dapodik Versi terbaru ini untuk aplikasi Dapodik versi sebelumnya sudah tidak berlaku lagi.

Berhubung pada Aplikasi Dapodik Versi terbaru tidak ada versi Updaternya, maka untuk memperbaruinya harus di instal ulang atau dihapus dulu versi sebelumnya. Begitu juga kita harus regristasi ulang dengan menggunakan kode regristasi sebelumnya.

Adapun langkah-langkah dalam instal ulang aplikasi Dapodik terbaru adalah sebagai berikut:
1. Masuk ke "Control Panel"


2. Selanjutnya pilih "Programs and Features"

3. Cari program "Dapodik versi sebelumna"
4. Klik program Dapodik versi sebellumnya lalu pilih "Uninstal"

5. Tunggu sampai proses selesai

Cara Instalasi Aplikasi Dapodik Klik DISINI
,
Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Sosial Media

Postingan Populer