Cara Menghilangkan Karat Pada Peralatan Dari Bahan Stainless

Menghilangkan Karat

Memang pada alat - alat yang terbuat dari stainless ini sangat bagus, tetapi kelemahannya sangat rentan dengan karat. Apa lagi kalau perawatannya yang tidak baik, sesudah dipakai tidak langsung dicuci atau lama tidak digunakan dan disimpan ditempat yang lembab. Semua itu dapat mempercepat terjadinya atau munculnya karat.

Pada kesempatan ini saya akan berbagi mengenai cara menghilangkan karat pada alat - alat yang terbuat dari stainless. Adapun bahan - bahan dan alat yang diperlukan antara lain :


1. Oli bekas(bisa bekas oli mesin motor ataupun mobil atau yang lainnya)
2. Garam dapur
3. Jeruk lemon
4. Citrun/citric acid
5. Deterjen
6. Air
7. Ember/wadah
8. Sikat cuci

Pertama kita olesi dulu alat - alat yang terkena karat tersebut dengan oli bekas sampai merata. Dengan tujuan agar karat - karat tersebut bisa terurai, biarkan selama 30 menit dan selanjutnya lap dengan kain kering agar olinya sedikit hilang.

Selanjutnya, sediakan wadah yang sudah diisi dengan air, banyaknya air sesuaikan dengan jumlah alat - alat yang mau dibersihkan karatnya. Masukan garam dapur sesukupnya (banyak juga tidak masalah) dan juga perasan air jeruk lemon campurkan ke dalam wadah yang sudah berisi air tadi. Rendamlah alat - alat yang terkena karat tadi dan diamkan selama kurang lebih 6 jam, lebih lama lebih bagus.
Setelah terasa cukup waktu 6 jam selanjutnya masukan citric acid beserta deterjen ke dalam air yang tadi. Biarkan rendaman tersebut larut dan diamkan selama 1 hari penuh agar mendapatkan hasil yang maksimal.
Angkat dan bersihkanlah alat - alat yang direndam tadi menggunakan sikat cuci, dan lihat hasilnya cukup memuaskan. Gambar dibawah menunjukan bahwa karat pada stailess sudah bersih, namun sayang karena karatnya sudah lama sehingga lapisan stainless nya juga ikut terbuang.

Sebagai catatan :
1. citric acid merupakan bahan pembuat manisan yang rasanya asam dan sangat mudah ditemukan diwarung - warung kecil juga
2. deterjen yang digunakan adalah deterjen untuk mencuci baju yang biasa kita gunakan
3. cara diatas akan berhasil jika karatnya belum sampai korosi pada alat - alat stailess tersebut, meskipun sekalipun alat sudah terkena karat yang parah tetap kita bisa menggunkan cara di atas. Namun kalau sudah parah karatnya, dan sudah menembus pelapis stailesnya akan meninggalkan bekas. Jadi lapisan stailesnya akan ikut terbuang kena karat, maka kita harus melapis lagi dengan cat stainless.

Demikian cara mengatasi atau menghilangkan karat pada alat yang terbuat dari bahan stainless, semoga bermanfaat.
,
Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Sosial Media

Postingan Populer