Cara Pengisian Nilai Rapor dan US/USBN Pada Dapodik

Pengisian Nilai Rapor dan US/USBN

Pada bulan ini telah dirilis Aplikasi Dapodik Versi terbaru. Yang paling mendasar salah satu perubahan dengan versi Dapodik sebelumnya terdapat input nilai Rapor dan US/USBN. 

Pada kesempatan ini, saya sedikit berbagi mengenai cara input Nilai Raport dan US/USBN pada aplikasi ini. Saya anggap teman - teman operator sudah update versi dapodik terbaru dan saya anggap sudah download prefill rapor nya.

Langsung saja kita masuk ke menu Nilai dan pilih Rapor untuk mengisi nilai rapor.

Pada bilah Menu Evaluasi Rapor, kita pilih semester dulu disesuaikan dengan kebutuhan, apakah semester ganjil atau semester genap. Setelah itu pilih Rombongan Belajar (rombel), mau kelas berapa dulu yang mau diinput nilai rapor nya.

Untuk langkah selanjutnya, masih pada bilah Menu Evaluasi Rapor, pilih menu tambah yaitu untuk menambah atau memasukan Mata Pelajaran yang ada dalam aplikasi dapodik tersebut. 
Untuk urutan Mata Pelajaran disesuaikan dengan Rapor di daerah masing - masing.
Setelah di pilih Mata Pelajaran, baru klik tombol Simpan dan Tutup. Untuk memasukan Mata Pelajaran yang lainya, urutan kerjanya sama dengan di atas, sampai Mata Pelajaran terinput semua pada Menu Evaluasi Rapor.

Untuk langkah selanjutnya yaitu pengisian Nilai Rapor dan KKM. Untuk memunculkan bilah Nilai Rapor, kita tinggal klik ganda/2 kali pada Mata Pelajaran yang telah diinput tadi. Maka secara otomatis akan muncul nama Peserta Didik berikut kolom isian untuk input nilai.
Setelah nilai rapor selesai di input, selanjutnya kita tinggal mengisi Nilai US/USBN. Dalam pengisian nilai US/USBN untuk langkah - langkahnya sama dengan pengisian Nilai Raport. Perbedaanya dengan rapor adalah untuk nilai US/USBN hanya menginput nilainya saja tidak ada KKM.

Setelah semua mata pelajaran diinput, selanjutnya kita buat Akun Guru terutama guru yang memiliki tugas sebagai wali kelas. Karena untuk memasukan nilai harus guru wali kelas, jika diisi oleh operator,maka nilainya tidak bisa disimpan.

Untuk membuat akun Guru bisa dilihat pada artikel Cara Membuat Akun Guru/PTK Pada Aplikasi Dapodik.

Demikian artikel mengenai Cara pengisian nilai rapor dan US/USBN pada aplikasi Dapodik, semoga bisa membantu.
,
Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Sosial Media

Postingan Populer