Cara Mengatasi Eror/Tidak Bisa Download Prefill Nilai Rapor Pada Aplikasi Dapodik

Tidak Bisa Duwnload Prefill Nilai Rapor


Prefill Nilai Rapor ini turun bersamaan dengan munculnya updater Aplikasi Dapodik Versi 2017c. Sebenarnya jika kita sudah update ke Aplikasi Dapodik Versi 2017c secara otomatis akan muncul menu Nilai yang berisi Nilai Rapor dan US/USBN. Pada Aplikasi Dapodik 2017c tersebut kita sudah bisa menginput nilai baik nilai rapor ataupun nilai US/USBN.

Lantas untuk apa Prefill Nilai Rapor tersebut?

Prefill Nilai Rapor ini berfungsi untuk mengambil data Rapor dan Nilai US/USBN pada semester sebelumnya. Jadi kita bisa mengisi Nilai Rapor dan Nilai US/USBN pada semester sebelumnya yaitu mulai dari tahun ajaran 2014/2015. Begitu juga kita bisa login ke Aplikasi Dapodik Versi 2017c ini pada beberapa Tahun Pelajaran. Misalnya saja kita mau mengisi nilai Rapor Tahun Pelajaran 2014/2015, maka kita bisa login ke Tahun Pelajaran 2014/2015.

Beberapa waktu yang lalu saya mencoba untuk mendownload Prefill Nilai Rapor tersebut, namun ternyata muncul beberapa masalah.

1. Tidak bisa download prefill Nilai, atau Generate prefill nya tidak sempurna, berhenti ditengah jalan. Sehingga tidak muncul atau tidak bisa didownload Prefill Nilai Rapor tersebut.


2. Generat Prefill Nilai Rapor Sukses, tetapi muncul permasalahannya yaitu tidak muncul link untuk mendownload Prefill Nilai Rapor tersebut.


3. Muncul link download nya, tetapi ketika di klik tombol download tersebut tidak berfungsi.

4. Bahkan muncul pemberitahuan bahwa Generat Prefill untuk sekolah anda dalam proses pembuatan dan antrian.

Setelah beberapa kali saya mencoba, bahkan sampai dua hari terus saya coba mendownload tetatpi tetap hasilnya saya tidak bisa mendapatkan Prefill Nilai Rapor tersebut.

Tadinya saya mau mencoba instal ulang Aplikasi Dapodiknya, tidak mau memakai updaternya, tetapi sebelum saya hapus Aplikasi Dapodik tersebut, saya coba untuk di Sinkronisasi. Punya cerita sinkron berhasil, dan saya masuk ke situs resmi kemdikbud mau mendownload Aplikasi Dapodik Versi terbaru, dan singkatnya Download pun selesai. 

Sebelum saya hapus Aplikasi Dapodik nya, saya masih penasaran untuk mencoba mendownload Prefill Nilai Rapor. Dan ternya Prefill Nilai Rapor Aplikasi Dapodik saya muncul dan link nya bisa di download. Maka dengan demikian saya tidak jadi menghapus dan instal ulang Aplikasi Dapodiknya.

Jadi bagi rekan - rekan operatos sekolah yang mempunyai kendala dengan pengambilan Prefill Nilai Rapor, cobalah kita lakukan SINKRONISASI dulu dengan Aplikasi Dapodik Versi terbaru yaitu V.2017.c. Setelah lakukan siknronisasi, tunggu beberapa saat kemudian coba generat lagi Prefill Nilai Rapor nya.

Demikian cara mengatasi Prefill Nilai Rapor yang tidak bisa di Generate atau di Download, semoga bermanfaat.
,
Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Sosial Media

Postingan Populer