Cara Mengisi Riwayat Karir Guru GTK Pada Aplikasi Dapodik

Pedoman pengisian Riwayat Karir Guru

BERBAGI-Pada Riwayat Karir GTK ini bertujuan untuk mengetahui TMT (terhitung mulai tanggal) pertama kali PTK diangkat sebagai guru dan perjalanan karirnya sebagai guru, baik disekolah saat ini maupun disekolah yang lain. PTK yang sudah selesai masa baktinya maupun yang masih aktif (misalnya masih aktif mengajar di sekolah saat ini maupun di sekolah yang lain).

Pada riwayat karir  ini akan terlihat, di sekolah mana saja guru tersebut pernah mengajar ataupun di sekolah mana saja guru tersebut mengajar (misalnya ada guru yang mengajar di dua sekolah sekaligus). Riwayat karir ini juga sama kita input untuk Kepala Sekolah yang pernah menjabat dibeberapa sekolah, sehingga akan terlihat rekam jejaknya.


Pada tabel Riwayat Karir ini terdiri dari beberapa poin yang harus di isi antara lain:
  1. Jenjang Pendidikan; Jenjang pendidikan yang di ajar, misalanya mengajar di SD, SMP,SMA
  2. Jenis Lembaga; Lembaga yang mengangkat sebagai Guru (Mendikbud, Kepala Daerah atau yang lainnya)
  3. Status Kepegawaian; Status kepegawaian PTK saat menjadi guru pada lembaga terkait (CPNS,PNS,Honorer atau yang lainnya)
  4. Jenis PTK; Jenis PTK sesuai dengan SK pengangkatan guru pada lembaga terkait. Misalnya diangkat sebagai guru Bimbingan dan Konseling, guru kelas atau guru mata pelajaran.
  5. Lembaga Pengangkat; Nama lembaga yang mengangkat PTK sebagai Guru. Apabila lembaga adalah disdikbud Kabupaten/Kota , diisi dengan nama dinas terkait. Apabila sekolah yang mengangkat maka diisi dengan lembaga sekolah terkait.
  6. No SK Kerja; Nomor SK Pengangkatan sebagai Guru pada lembaga terkait.
  7. Tgl SK Kerja; Tanggal SK Pengangkatan sebagai Guru pada lembaga terkait.
  8. TMT Kerja; Tanggal mulai bertugas sebagai Guru pada lembaga terkait.
  9. TST Kerja; Tanggal akhir tugas sebagai Guru pada lembaga terkait. Kosongkan apabila masih berlaku atau masih aktif sebagai guru pada lembaga terkait.
  10. Tempat Kerja; Nama kota/kabupaten sebagai guru pada lembaga terkait. Misalnya Jakarta, Medan, Jayapura,Makasar, Pontianak. dan sejenisnya.
  11. TTD SK Kerja; Nama Pejabat yang menandatangani SK Pengangkatan PTK sebagai guru pada lembaga terkait.
  12. Mapel Diajarkan; Nama mata pelajaran yang diajarkan PTK sebagai guru.
Demikian panduan cara mengisi Riwayat Karir Guru pada Aplikasi Dapodik Versi 2017. Semoga bermanfaat dan selamat bekerja, sukses selalu. Terima kasih.........
,
Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Sosial Media

Postingan Populer