Cara Mengatasi "Google Play Telah Berhenti"/Tidak Bisa Dibuka Pada Hp Android

Cara Mengatasi Google Play Yang Error Pada Ponsel Android 

BERBAGI-Pada Ponsel android, memang tidak lepas dari aplikasi google karena jika tidak ada aplikasi tersebut, maka sebuah ponsel pintar android terasa tidak bermanfaat. Itu merupakan salah satu yang tidak bisa dipungkiri kerjasama antara vendor ponsel android dengan pihak google. Sehingga bermunculan aplikasi - aplikasi yang berbasis google termasuk game - game berbasis google. 

Salah satu aplikasi google yang sering digunakan dalam ponsel android adalah Google Play dan App Store. Sehingga jika ponsel pintar kita mengalami masalah pada google play atau app store nya maka akan tergannggu pula aplikasi lainnya yang berbasis google tersebut. Misalnya game COC akan terganggu, Google Chrome juga akan terganggu, Facebook juga akan terganggu, BBM juga sama akan terganggu dan lain sebagainya. 


Masalah yang sering muncul yang berhubungan dengan google adalah munculnya peringatan "Google Play Telah berhenti". Bahkan mungkin bukan hanya google play yang bermasalahnya, tetapi game COC juga akan berhenti, kalkulator juga akan berhenti, google drive, gmail dan masih banyak lagi aplikasi yang akan terganggu

Pada kesempatan ini saya akan sedikit berbagi pengalaman mengenai cara mengatasi google play yang telah berhenti.


  1. Clear Data dan Cahce; Aplikasi yang sering kita buka secara tidak sadarakan meninggalkan bekas berupa cache. Misalnya saja kita membuka facebook, maka segala aktifitas kita selama dibuka akan tersimpan berupa cache. Lama kelamaan berkas tersebut akan menumpuk dan memakan memory yang cukup banyak, oleh karena itu kita perlu membersihkan berkas tersebut dengan cara clear data atau hapus cache. Sebagai panduan untuk clear data bisa lihat pada artikel Cara Mengatasi Papan Ketik Pada Hp Android.
  2. Kembali Ke Pengaturan Awal/Pabrik; Jelas, denga kita mengembalikan Hp ke pengaturan pabrik, diharapkan semua data yang tidak terpakai atau aplikasi sampah yang bisa mengganggu akan terhapus. Dan Ponsel akan kembali ke pengaturan sebagaimana kita membeli ponsel baru. Sebagai panduan bisa dilihat pada artikel Cara Mengembalikan Hp Android Ke Pengaturan Pabrik.
  3. Root Hp; Root merupakan sebuah cara untuk masuk kedalam system sebuah ponsel android. Dengan root ini diharapkan kita mendapatkan akses ke dalam system aplikasi android sehingga kita bisa menginstal aplikasi yang baru.  Root ini menggunakan sebuah aplikasi, tergantung kita mau makai aplikasi yang mana. Banyak aplikasi root ini yang gratisan dan bahkan ukurannya juga tidak besar. Bagi teman - teman yang mau mencoba Root ponsel androidnya, bisa dibaca pada artikel Cara Root Hp Android.
  4. Hard Reset; Ini bisa dilakukan jika dengan cara - cara di atas tidak berhasil, maka kita bisa menggunakan cara Hard Reset. Dengan hard reset ini kita bisa membersihkan Ponsel sampai ke akar - akar nya, sehingga ponsel akan kembali ke setelan pabrik lagi. Sebagai panduan cara Hard Reset bisa dibaca pada artikel Cara Mengatasi Lupa Pola.

Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan, semoga dapat berhasil. Saya pernah melakukan semuanya pada ponsel saya yang bermerek Oppodan berhasil. Untuk ponsel yang lainnya, saya belum pernah coba, tetapi sebagai panduan tidak salahnya teman - teman bisa menggunakan cara - cara di atas.
,
Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Sosial Media

Postingan Populer