Cara Upload dan Resize Foto Pada Server UNBK Secara Kolektif (Seluruh Peserta) Sekaligus

UPLOAD FOTO UNBK

BERBAGI.Pada kesempatan ini, saya akan sedikit berbagi mengenai cara Upload foto pada situs UNBK secara sekaligus. Maksudnya semua foto peserta UNBK di Upload secara serentak bersama - sama, sehingga kita cukup satu kali Upload saja.

Pada proses upload foto ini, kita harus memberi nama masing-masing peserta sesuai dengan Username yang ada di website UNBK tersebut. Karena jika tidak sesuai dengan Username, maka foto tidak akan masuk ke kartu peserta UNBK.

Langkah 1
Membuat folder baru untuk menyimpan file foto siswa peserta UNBK. Kita buat dua folder yaitu folder satu untuk menyimpan foto asli, dan folder yang kedua untuk menyimpan foto setelah drubah ukurannya serta sudah di beri nama baru.


Langkah 2
Buka aplikasi bawaan windows yaitu Microsoft Office Picture Manager, kemudian pilih semua foto yang akan diresize. Setelah semua foto masuk di Microsoft Office Picture Manager, pilih/blok semua foto kemudian klik menu "picture" lalu klik sub menu "resize". Pilih Percentage of original width x height, dan masukan 75 persen (sama dengan ukuran 2 X 3 syarat upload di situs UNBK).


Langkah 3
Setelah semua foto di resize, selanjutnya tinggal rename/beri nama semua foto sesuai dengan USERNAME peserta UNBK. Jadi, mengapa kita harus membuat dua folder (foto asli dengan foto hasil rename) adalah untuk melihat ketika kita memberi nama foto dengan Username.

Langkah 4
Jika semua foto sudah direname dengan username masing-masing, selanjutnya di pilih semua foto dan klik kanan lalu pilih Add to Archive dan pilih menu "zip" bukan "rar". Jadi semua foto akan masuk di dalam folder zip.


Klik kanan semua foto yang telah diblok, lalu pilih "Add to Archive"


Langkah 5
Masuk ke website UNBK kemdikbud, pilih menu UNBK lalu pilih sub menu cetak kartu peserta. Pada menu cetak kartu peserta, pilih tombol upload lalu pilih file zip hasil kompres kita tadi.

Setelah itu baru klik tombol upload foto, tunggu beberapa saat sampai semua foto terupload.

Langkah 6 
Repress aplikasi UNBK, lalu lihat kembali pada menu cetak kartu peserta UNBK, jika proses upload sesuai langkah-langkah nya, seharusnya foto sudah masuk ke kartu peserta UNBK.
,
Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Sosial Media

Postingan Populer