5 Langkah Agar Kirim Data Pada Aplikasi PMP Berjalan Sukses

Langkah - Langkah Kirim Data PMP

Sejak dirilis sampai sekarang masih banyak yang terkendala dalam proses pengiriman data Aplikasi PMP ke server. Maka dari itu, waktu untuk kirim data pada Aplikasi PMP ini diperpanjang sampai tanggal 30 Nopember 2016.

Pada kesempatan ini, saya akan sedikit berbagi mengenai langkah - langkah untuk kirim data PMP agar dapat diterima server.

  1. Lengkapi Data; Jelas, syarat utama agar bisa terkirim adalah kelengkapan data, baik data responden yang jumlahnya telah ditentukan maupun data mengenai KKM tiap Mapel harus dilengkapi. KKM ini sering terlewatkan karena terlalu fokus terhadap pengisian kuisioner responden. Begitu juga data untuk pengawas pembina dan komite sekolahnya harus diisi yang lengkap.
  2. Clear Data; Maksud dari clear data ini adalah berkas pada browser, baik itu berupa kuki atau cache. Maksud menghapus data berkas ini adalah agar semua bekas membuka situs pada browser menjadi bersih. Apalagi jika membuka situs dan kita tidak logout/keluar, maka situs itu akan terus berjalan pada browser. Untuk cara clear data bisa dilihat DISINI.
  3. Ganti Browser; Berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami, ini sangat berpengaruh terhadap pengiriman data PMP. Misalnya saya yang tadi nya kita membuka Aplikasi PMP pada browser Mozila Firefox, maka kita coba buka aplikasinya pada browser yang lain, seperti Chrome , Internet Explorer ataupun browser yang lain. Kita bisa coba menggunakan browser yang jarang kita gunakan agar berkas pada browser masih kosong.
  4. Update Aplikasi; Banyak kejadian, kita telah mengirim data dan sukses terkirim ke server, tetapi kita disuruh kirim ulang lagi karena waktu mengirim datanya masih menggunakan Aplikasi PMP versi sebelumnya. Silahkan Update Aplikasinya sampai dengan versi yang terbaru.
  5. Waktu yang Tepat; Maksud waktu yang tepat disini adalah pilihlah waktu dimana server sedang tidak sibuk. Kita bisa memperkirakan, kapan waktu yang sedikit orang kirim data. Waktu nya tergantung, kadang bisa pagi - pagi, tengah malam atau siang hari. Saya juga dapat berhasil kirim data ketika pagi - pagi atau sekitar jam 05.00 WIB.
Kirim Data dikatakan sukses jika proses kirimnya berhasil sampai selesai di tandai dengan "Data berhasil dikirim ke server".



Selanjutnya kita juga bisa melihat di progres pengiriman pada Aplikasi PMP tersebut pada bagian "Log Pengiriman Sekolah"



Jika proses di atas telah dilalui dan telah berhasil terkirim, kita tinggal tunggu 2 -3 hari untuk diproses oleh server. Kemudian lihat statusnya di alamat  pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id.  Apakah statusnya "Belum Kirim", "Diterima Server", "Kirim Ulang" atau "Sedang Proses". Jika disuruh kirim ulang, maka kita coba kirim lagi, jika diterima server, kita tunggu proses validasinya.

Demikian langkah - langkah agar proses Kirim Data pada Aplikasi PMP sapat berjalan dengan lancar, semoga bermanfaat. Terima Kasih............
,
Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Sosial Media

Postingan Populer