Kisi - kisi UKK IPA tahun 2016 untuk SMP kelas 8. Silakan tinggal di download dengan cara klik "lepas" pada bagian pojok kanan atas dokumen. Semoga bermanmaaf dan jangan lupa terus belajar.
Fungsi kisi - kisi bagi siswa adalah sebagai dasar untuk belajar agar mempunyai gambaran terhadap soal yang akan keluar pada tes. Untuk memudahkan siswa dalam mencari bahan pelajaran untuk dihafalkan. Kisi - kisi ini bukan soal - soal yang akan keluar pada tes ujian, tapi hanya sekedar patokan agar soal tidak menyimpang dari bahan ajar.
KISI-KISI
ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/Semester
: VIII/2
Waktu
: 120 menit
Jumlah
Soal : 40 butir soal
NO
|
Kompetensi dasar
|
Materi
|
Inikator Soal
|
Nomor soal
|
1
|
Mengindentifikasi
jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengarunhya pada suatu gaya yang
dikenai gaya
|
Jenis
Gaya dan resultan gaya
|
Disajikan beberapa pernyataan, peserta
didik dapat menentukan pengaruh gaya terhadap gerak benda
|
1
|
Disajikan beberapa jenis gaya, siswa dapat
menetukan gaya sentuh atau gaya tak sentuh
|
2
|
|||
Diasikan gambar beberapa gaya dalam bentuk
garis vekor yang bekerja pada benda, siswa dapat menentukan percepatan
terbesar/terkecil
|
3
|
|||
2
|
Menerapkan
Hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari
|
Hukum
Newton
|
Peserta didik dapat memberikan beberapa
contoh penerapan hukum I Newton dalam kehidupan sehari-hari
|
4
|
Siswa dapat menentukan salah satu besaran
pada Hukum II Newton jika parameter lain diketahui.
|
5
|
|||
Peserta didik dapat memberikan contoh
penerapan hukum Newton III dalam kehidupan sehari-hari
|
6
|
|||
3
|
Menjelaskan
hubungan bentuk energi dan perubahannya, prisip usaha dan energi serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Prinsip
usaha dan energi dan perubahan energi
|
Peserta didik dapat menjelaskan urutan perubahan
energi pada saat benda jatuh atau dilempar ke atas
|
7
|
Peserta didik dapat menentukan besarnya
usaha jika beberapa gaya segaris bekerja pada satu benda melalui gambar
sebagai stimulus
|
8
|
|||
Peserta didik dapat menentukan perbandingan
energi antara dua benda yang massa dan ketinggiannya berbeda
|
9
|
|||
Peserta didik dapat menentukan salah satu
besaran pada energi kinetik ( E = ½ m.v2)
|
10
|
|||
4
|
Melakukan
percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Pesawat
sederhana
|
Peserta didik dapat menyebutkan
prinsip-prinsip yang berlaku pada tuas
|
11
|
Peserta didik dapat menentukan kuasa
minimal untuk menahan beban pada katrol bergerak
|
12
|
|||
Peserta didik dapat menetukan keuntungan
mekanis terbesar atau terkecil dari beberapa bidang miring melalui gambar
|
13
|
|||
Disajikan beberapa gambar pesawat
sederhana, peserta didik dapat menentukan beberapa pesawat sederhana yang memiliki
keuntungan mekanis sama
|
14
|
|||
5
|
Menyelidiki
tekanan pada benda padat, cair dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Tekanan
benda padat, cair dan gas
|
Disajikan gambar beberapa balok yang
berbeda, peserta didik dapat menentukan tekanan yang terbesar atau terkecil
jika massa benda sama
|
15
|
Peserta didik dapat menentukan perbandingan
tekanan hidrostatik antar kedalaman zat cair melalui gambar
|
16
|
|||
Disajikan gambar beberapa posisi benda
padat pada zat cair yang berbeda, peserta didik dapat menentukan zat cair
yang massa jenisnya terbesar atau terkecil
|
17
|
|||
Peserta didik dapat menentukan gaya angkat atau
gaya tekan pada alat hidrolik jika besaran lain diketahui melalui gambar
sebagai stimulus
|
18
|
|||
6
|
Mendiskripsikan
konsep getaran dan gelombang serta parameternya
|
Getaran
dan gelomabang
|
Peserta didik dapat menentukan gerak ayunan
bandul yang melakukan sejumlah getaran melalui gambar sebagai stimulus
|
19
|
Disajikan gambar ayunan bandul,peserta
didik dapat menentukan frekuensi ayunan jika data-data yang diperlukan
diketahui
|
20
|
|||
Peserta didik dapat menjelaskan bagian yang
berpindah/tidak berpindah pada saat terjadi perambatan gelombang
|
21
|
|||
Peserta didik dapat memberikan contoh
gelombang transversal/longitudinal dalam kehidupan sehari-hari
|
22
|
|||
Disajikan gambar gelombang dan
parameternya, peserta didik dapat menentukan cepat rambat gelombang
|
23
|
|||
7
|
Mendiskripsikan
konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari
|
Bunyi
|
Peserta didik dapat menentukan beberapa syarat
terdengarnya bunyi
|
24
|
Peserta didik dapat menentukan salah satu
besaran pada peristiwa pemantulan bunyi
|
25
|
|||
Disajikan gambar beberapa bandul yang
digantung pada tali yang berbeda, peserta didik dapat menunjukkan bandul yang
dapat berresonansi jika salah satu bandul diayunkan
|
26
|
|||
Disajikan beberapa pernyataan berkaitan
dengan bunyi pantul, peserta didik dapat menentukan manfaat bunyi pantul
|
27
|
|||
8
|
Menyelidiki
sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa
|
Pemantulan
cahaya pada cermin datar
|
Disajikan gambar sinar jatuh pada cermin
datar yang diketahui sudut antara sinar datang dengan cermin, peserta didik
dapat menentukan besar sudut datang atau sudut pantul sinar tersebut.
|
28
|
Disajikan gambar benda di depan cermin
datar, peserta didik dapat menentukan sifat bayangan yang terbentuk
|
29
|
|||
Penatulan
cahaya pada cermin cekung dan cembung
|
Disajikan beberapa pemantulan cahaya pada
cermin cekung, peserta didik dapat menentukan arah pemantulan arah pemantulan
cahaya yang benar
|
30
|
||
Disajikan gambar benda yang terletak di
depan cermin cekung, dan bayangannya, peserta didik dapat menentukan posisi
benda
|
31
|
|||
Disajikan gambar benda di depan cermin
cekung dengan data-datanya, peserta didik dapat menentukan perbesaran
bayangan
|
32
|
|||
Peserta didik dapat memberikan contoh
pemakaian cermin cembung dalam kehidupan sehari-hari
|
33
|
|||
Pembiasan
cahaya
|
Disajikan beberapa gambar pembiasan cahaya
dari dua medaia optic berbeda, peserta didik dapat menentukan arah pembiasan
cahaya yang benar
|
34
|
||
Disajikan beberapa pembiasan cahaya pada
lensa cembung, peserta didik dapat menentukan arah pembiasan yang benar
|
35
|
|||
Disajikan gambar benda di depan lensa
cembung, peserta didik dapat menentukan perbesaran bayangan jika besaran lain
diketahui
|
36
|
|||
Disajikan gambar benda di depan lensa
cembung pada posisi tertentu, peserta didik dapat menentukan sifat bayangan
yang terbentuk
|
37
|
|||
Disajikan gambar benda didepan lensa cekung
dengan data-datanya, peserta didik dapat menentukan jarak bayangan yang
terbentuk
|
38
|
|||
9
|
Mendiskripsikan
alat optic dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Alat-alat
optik
|
Peserta didik dapat menjelaskan letak
jatuhnya bayangan pada mata miopi dan menentukan jenis lensa kacamata yang
dapat membantunya
|
39
|
Peserta didik dapat menentukan letak benda
pada lup dengan pengamatan mata berakomodasi maksimum atau akomodasi minimum
dengan gambar.
|
40
|
,