Cara Mendaftarkan Perpustakaan Di Aplikasi NPP Perpusnas

CARA DAFTAR DI APLIKASI NPP

BERBAGI-Sistem Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) merupakan penerapan (aplikasi) penataan kode identititas pada setiap unit perpustakaan di seluruh Indonesia di bawah koordinasi Perpustakaan Nasional berdasarkan kode provinsi, kabupaten/kota. Nomor pokok perpustakaan diberikan kepada sekolah yang sudah memberikan profil perpustkaannya kepada Perpustakaan Nasional. Profil perpustakaan sekolah akan disimpan dalam pangkalan data perpustakaan, yang dapat diakses melalui http://npp.pnri.go.id atau melalui google dengan menulis Aplikasi NPP Selanjutnya perpustakaan yang sudah mengirimkan profil perpustakaannya akan mendapatkan akreditasi.


Tujuan
  1. Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) diberikan dalam rangka memudahkan pembinaan perpustakaan. Dengan mengetahui peta kondisi perpustakaan di Indonesia akan memudahkan penyusunan program/kegiatan pembinaan perpustakaan melalui pembinaan sumber daya perpustakaan.
  2. Menetapkan akreditasi perpustakaan.
Akreditasi diberikan berdasarkan tipologi perpustakaan yang sudah ditetapkan yaitu perpustakaan:
  1. Tipe A
  2. Tipe B
  3. Tipe C

Di atas adalah penjelasan fungsi dari mendaftarkan perpustakaan di Aplikasi NPP Perpusnas. Sehingga data dari semua perpustakaan yang ada di indonesia akan tertampung di Aplikasi NPP tersebut. Kita bisa merubah atau menginput data secara online, meskipun kita berada di daerah asal koneksi internet lancar. 

Setelah mendaftar, perpustakaan tersebut akan diberi Nomor Pokok Perpustakaan (NPP), yang berguna untuk masuk ke aplikasi NPP.

Untuk mendaftar kan perpustakaan kita harus masuk dulu ke link NPP tersebut, http://app.npp.perpusnas.go.id/main/index.php?module=regnpp  atau klik link di bawah ini :


Atau Klik gambar di bawah ini



Setelah masuk, klik "Regristasi NPP Baru" karena kita akan membuat/mendaftar kan perpustakaan. Bagi yang sudah Mendaftar klik tombol "Sudah Mempunyai NPP".


Isi data yang diperlukan sesuai dengan kolom isian yang ada, kemudian klik tombol "Simpan"


Setelah itu akan muncul Nomor Pokok Perpustakaan dan Pasword yang tadi kita isi. Simpanlah Nomor Pokok Tersebut dan nantinya akan dipakai untuk masuk ke Aplikasi NPP.


Klik tombol "Lanjutkan" untuk mengisi biodata perpustakaan yang lainya. Selamat anda sudah terdaftar Di Aplikasi NPP.

Demikian Cara Mendaftarkan Perpustakaan Di Aplikasi NPP, semoga bermanfaat.
TERIMA KASIH....................


Artikel terkait




,
Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Sosial Media

Postingan Populer