Pengertian mIRC (TIK Kelas 9)


MIRC

MIRC adalah sebuah program yang berbasis pada Bahasa Inggris dan tidak mempunyai versi translasi pada saat ini. Walaupun begitu, penggunaan mIRC tidaklah terlalu sulit untuk orang-orang yang tidak berbicara/berbahasa dalam Bahasa Inggris. Semua tombol, kegunaan-kegunaan dan fungsi-fungsi dapat digunakan dengan mudah dan langsung menuju perintah-perintah dan setting-setting. 

Apa itu mIRC.

Untuk menggunakan IRC  dapat menggunakan program kecil seperti mIRC, sebuah program IRC client untuk Windows dan didistribusikan sebagai program shareware, program ini dibuat oleh Khaled Mardam-Bey. mIRC merupakan program IRC client yang bersahabat, mIRC sudah dibuat secara baik dengan tool-tool dan option-option yang baik.  mIRC dapat didownload  dengan gratis pada mIRC homepage dengan alamat http://www.mirc.com/

Caranya mendownload mIRC.

mIRC didistribusikan dalam bentuk self-extracting cabinets (Program setup yang berbentuk file yang dapat dieksekusi/dijalankan) yang dapat menginstallkan mIRC dalam PC anda. Cara kerja program setup mIRC sama dengan banyak program-program internet lainnya atau seperti layaknya program-program yang mempunyai fasilitas setup. Kita harus mengetahui dulu Operating System dimana mIRC akan dijalankan. mIRC tersedia dalam bentuk 16 bit dan 32 bit. mIRC dalam bentuk 16 bit digunakan pada Operating System yang lama (16 bit) seperti Windows 3.1 atau Windows 3.11. mIRC dalam bentuk 32 bit digunakan pada Operating System seperti Windows95, Windows98, Windows2000 atau Windows NT.

Jalankan web-browser anda dan kunjungi http://www.mirc.com atau salah satu dari mirrornya. Kita akan melihat sebuah link yang menuntun kita menuju ke halaman download yang berisi link-link untuk mendownload program mIRC.  Pilih sebuah direktori dalam harddisk  dan letakkan pada suatu direktori tersebut sehingga kita dapat menemukannya kembali pada waktu yang akan datang. 

Installasi (penginstalan)!

Sekarang anda telah mempunyai mIRC yang telah di download, sekarang telah siap untuk menginstallasi mIRC dalam PC. Klik dua kali pada program mIRC. Proses tersebut akan memulai penginstalan mIRC. Program setup akan menjalankan semua tugasnya dengan sendirinya (self manage).

Menjalankan mIRC untuk pertama kalinya.
Carilah ikon mIRC yang terletak pada suatu tempat di Start Menu atau pada program group mIRC. dengan cara mengklik ikon tersebut untuk menjalankan mIRC.

mIRC berjalan untuk pertama kalinya dan akan menampilkan Options menu. Option menu membutuhkan informasi tentang diri  dan harus diisi. Pada saat pertama kali menjalankan mIRC, dialog 'Connect' amatlah penting. Hal ini adalah hal yang paling pertama kali ada pada list. Lupakan semua option yang membingungkan. Isilah line-line ini dengan mengisikan 

Full name, 
E-mail address, Nickname dan Alternate:
Full Name: Nama asli 
E-mail address: Alamat E-mail 
Nickname: Satu hingga sembilan huruf untuk nama panggilan yang akan digunakan pada chat system 
Alternate: Jika orang lain telah menggunakan nama yang di pilih, kita akan dikenal dengan nama alternate ini.

Ketika  bergabung (join) pada sebuah channel, sebuah window baru akan muncul pada layar monitor. Nama-nama yang ada dikolom sebelah kanan adalah orang-orang yang telah chatting (ngobrol) pada channel tersebut. Kolom sebelah kiri adalah tempat pembicaraan, segala yang di tulis pada inputbox yang berada di bawah kedua kolom tersebut akan muncul disini. Cobalah untuk menyapa 'Hi!' kepada orang-orang yang pada channel tersebut, tulis saja kata tersebut pada kotak garis tunggal yang berada dibawah channel window.

,
Baca Juga

No comments:

Post a Comment

Sosial Media

Postingan Populer